Menu

4 Makanan Ini Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

20 September 2021 15:15 WIB

Makanan protein tinggi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Umumnya efek samping pasca vaksinasi terasa pegal pada bagian lengan. Tapi, sebagian orang bisa juga merasakan efek lainnya seperti demam, sakit kepala, dan lemas. 

Beberapa efek samping selain pegal tentunya dapat mengganggu aktivitas dan kurang nyaman dirasakan. 

Namun, gak perlu khawatir karena hal tersebut sejatinya normal dan wajar jika terjadi sebagai tanda tubuh merespon dengan baik karena sedang beradaptasi.

Gak perlu cemas, Beauty yang mengalami efek samping setelah vaksin setidaknya dapat mengurangi efek tersebut dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini. Berikut 4 diantaranya melansir dari berbagai sumber (20/9)

1. Ikan

Selain mengandung protein, ikan juga memiliki kandungan antiinflimasi dan omega-3 yang baik untuk mengurangi peradangan dalam tubuh efek vaksin serta meningkatkan imunitas tubuh. Pastikan konsumi ikan yang sudah diolah dengan baik secara tepat dan sehat.

2. Kunyit

Kandungan antiiflamasi pada kunyit juga bisa membantu untuk mengatasi peradangan efek vaksin. Selain itu mengonsumsi kunyit juga dapat mengatasi stres baik sebelum dan sesudah vaksinasi. 

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur tentunya kaya akan nutrisi dan gizi baik bagi kesehatan untuk memperkuat imunitas tubuh serta melawan infeksi peradangan yang terjadi pasca vaksinasi. 

4. Telur

Mengutip dari food.ndtv.com, mengonsumsi telur dapat menjadi pilihan baik bagi penderita diabetes setelah melakukan vaksinasi. Hal ini dikarenakan asam amino pada telur mampu untuk membangun imunitas tubuh.