Menu

8 Kesalahan Mengolah Ayam yang Sering Moms Lakukan, Duh... Bisa Jadi Gudang Penyakit!

23 September 2021 20:35 WIB

Daging ayam. (masakapaya.com/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Moms pastinya daging ayam menjadi salah satu hidangan favorit keluarga di rumah. Tapi, cara mengolahnya sudah benar belum ya? Salah sedikit, bisa berakibat fatal lho.

Ayam sejatinya memang menjadi makanan favorit bagi banyak orang karena terdapat berbagai macam menu hidangan olahan dari daging satu ini. 

Terlebih harga dari daging ayam ini yang sangat terjangkau. 

Tetapi, meski memang mudah untuk diolah, ternyata masih banyak yang salah mengolah daging ayam dengan benar. Walhasil, makanan lezat yang dihidangkan bisa menjadi pemicu masalah kesehatan. 

Sebagaimana dilansir sajiansedap.grid.id (23/9/2021), berikut ini 8 kesalahan dalam mengolah daging ayam. Nomer berapa yang masih sering Moms lakukan? 

1. Terlalu lama membiarkan ayam di ruangan terbuka

Moms harus tahu, suhu ruangan dapat memicu bakteri pada daging ayam. Hal tersebut tentunya dapat berdampak pada masalah kesehatan salah satunya keracunan. Sebaiknya langsung masukan daging ke dalam freezer untuk mencegah hal tersebut dan jika ayam beku cairkan terlebih dulu dua hari sebelum akan dimasak.

2. Salah menyimpan

Meski daging ayam sudah disimpan dalam freezer dan kondisinya sudah beku belum berarti dia tetap aman. Cairan yang merembes bisa mengontaminasi makanan yang lain. Sehingga penting untuk menyimpan daging ayam pada wadah tertutup. 

3. Mencuci ayam

Alih-alih supaya higienis, mencuci ayam terutama dengan dibilas sebelum dimasak justru dapat membuat bakteri menyebar dan melekat. Sebaiknya daging dimasak langsung dengan menggunakan suhu yang tepat. 

4. Salah membumbui

Membumbui daging ayam sebelum dimasak tentunya merupakan bagian penting agar ayam menjadi lebih lezat dan empuk. Tapi kalau terlalu lama merendamnya dengan bumbu justru akan memicu daging ayam tercemar oleh bakteri. Serta jangan sampai menggunakan bumbu yang sudah bersentuhan dengan daging mentah ya, Moms.

5. Menggunakan alat yang sama setelah bersentuhan dengan daging mentah

Gunakan alat untuk memasak daging ayam mentah terpisah dengan masakan lain. Karena akan berisiko tercemar salmonella. Jika memang tak ada alat lain, sebelumnya harus dicuci terlebih dulu ya, Moms

6. Mencampurnya dengan bahan lain

Meski harus menghemat tempat supaya gak ada cucian yang numpuk, tetap saja harus untuk memisahkan daging ayam mentah dengan bahan lain baik itu saat disimpan atau pun saat akan diolah. Sebab bakteri dari daging ayam nantinya dapat menyebar dan bahaya bagi kesehatan.

7. Lupa mencuci tangan

Ingat kalau terdapat bakteri pada daging ayam mentah. Jadi jangan lupa untuk selalu mencuci tangan ketika akan menyentuh bahan lain atau lainnya agar tak mencemari. 

8. Gak memerhatikan kebersihan spons

Mencucinya alat-alat yang sudah bersentuhan dengan daging ayam mentah bukan berarti bakteri berhenti sampai disitu. Karena bakterinya bisa saja menempel pada spons cuci piring. Sebab memiliki risiko tinggi terkontaminasi dengan bakteri. Jadi jangan lupa untuk membersihkan spons dua hari sekali ya, Moms.