Menu

Sederhana tapi Efeknya Luar Biasa! Terapkan 5 Cara Disiplin Konsumsi Air Putih yang Penting bagi Kesehatan

01 Oktober 2021 14:30 WIB

Ilustrasi minum air putih. (pinterest/freepik)

HerStory, Sukabumi —

Minum air putih sejatinya merupakan kebutuhan penting bagi tubuh. Meski begitu masih banyak yang belum melakukan disiplin rutin minum air putih. 

Padahal, air putih memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Seperti untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan baik bagi kesehatan otak. 

Sebab tubuh yang mengalami dehidrasi rentan mengalami stres dan bisa mempengaruhi tingkat kecemasan. Tentunya kondisi tersebut akan sangat berpengaruh pada aktivitas kita nantinya.

Melansir dari schoolofparenting.id (1/10/2021), agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, penting bagi kita untuk menerapkan disiplin konsumsi air putih dengan cara seperti berikut ini.

Sedia selalu air putih

Pengingat yang paling umum untuk disiplin minum air putih adalah dengan menyediakannya dalam jangkauan kita. Seperti membawa botol air minum ketika akan bekerja, dan aktivitas lainnya.

Gunakan Alarm

Cara selanjutnya agar asupan cairan harian bisa terpenuhi dengan menyetel alarm untuk mengingatkan kita agar tak lupa minum air putih. 

Konsumsi buah dan sayur tinggi mineral

Kita tak harus melulu memenuhi asupan cairan tubuh menggunakan air. Beauty juga bisa melakukannya dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi akan kandungan airnya seperti pada buah semangka dan sayuran berdaun hijau.

Kurangi kafein

Kafein seperti pada kopi dan teh memang bisa membantu membangun stamina dalam tubuh agar tak mudah lelah.

Tetapi nyatanya kafein justru dapat membuat tubuh dehidrasi yang membuat kita akan sering buang air kecil. Sehingga lebih baik kurangi konsumsi kafein atau imbangi dengan banyak minum air putih. 

Pantau asupan cairan harian

Selalu periksa tolak ukur hidrasi tubuh mungkin tepatnya dilakukan sebelum waktu makan dibandingkan harus menunggu di penghujung hari yang justru membuat kita tak cukup untuk melakukan evaluasi asupan cairan harian kita.