Menu

Sering Dianggap Sehat, Makan Pisang di Pagi Hari Justru Bahaya bagi Tubuh, Alasannya...

04 Oktober 2021 10:15 WIB

Pisang (Unsplash/Giorgio Trovato)

HerStory, Bandung —

Pisang sering dianggap memiliki khasiat jika dimakan saat sarapan karena tidak terlalu berat dna juga bisa menghemat waktu. Sarapan dengan menu pisang pun sering dikreasikan dengan mencampurkannya ke dalam oatmeal, susu, atau dengan roti.

Namun, ternyata pisang bisa merusak diet sehat kamu lho. 

Mengapa Pisang Tidak Baik untuk Sarapan?

Ahli gizi dr. Daryl Gioffre menjelaskan bahwa meskipun pisang memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti kalium dengan jumlah tinggi, serat dan magnesium, tetap saja pisang bukanlah pilihan sarapan yang benar.

Hal tersebut dikarenakan buah berwarna kuning ini mengandung gula alami yang tinggi hingga sekitar 25 persen, yang dipasangkan dengan tingkat sedang keasaman. Jika makan pisang di pagi hari, tubuh akan mengalami dorongan peningkatan kadar gula yang cepat dan mengakibatkan kamu merasa lebih lelah dam lapar di pertengahan pagi.

"Pisang akan memberikan dorongan gula yang cepat yang membuat tubuh segera merasa lelah dan lapar," papar Gioffre.

Selain itu, kata dia, pisang juga tidak bagus untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Menurutnya, ketika gula dikonsumsi dalam bentuk apapun, itu akan mengalami proses fermentasi, seperti bir dan anggur dan berubah menjadi asam dan alkohol di dalam tubuh.

"Ini akan 'mengunci' sistem pencernaan," ungkapnya.

Tapi ia menawarkan solusi, yakni memasangkannya dengan makanan yang lain.

Dr Gioffre mengatakan, meski pisang bisa memberikan tambahan energi yang cepat, pisang sebenarnya tak cukup mengenyangkan hingga waktu makan siang tiba.

"Pisang memang akan menambah energi dengan cepat, tetapi kamu akan segera lelah dan merasa lapar".

Untuk menghindari melonjaknya kadar gula, ahli gaya hidup dan pelatih kesehatan merekomendasikan untuk menjauhi pisang setelah makan dan ketika ngemil.

"Tanpa menyeimbangkan pisang dengan lemak sehat saat sarapan, banyak manfaat pisang yang akan hilang, sementara tubuh hanya mendapatkan lonjakan gula darah dan asam," tambah Gioffre.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi pisang dengan makanan yang bisa menetralisir asam dan memperlambat metabolisme gula untuk mencegah lonjakan dan efek negatif. Cobalah lemak sehat seperti selai kacang, rempah-rempah, atau sayuran.

Jadi, jika kamu tetap ingin makan pisang di pagi hari, cobalah menambahkannya ke makanan lain agar merasa kenyang saat makan siamg tiba. Seperti menaruh irisan pisang bubur oats, jadikan campuran untuk sepotong roti panggang dengan selai kacang atau menambahkan beberapa yogurt bebas gula.