Menu

Waspada! Golongan Darah O Wajib Hentikan Makan Sayur Ini, Bahayanya Bisa Serius!

07 Oktober 2021 11:45 WIB

Berbagai macam jenis sayur. (Unsplash/Dan Gold)

HerStory, Bandung —

Sayuran memang menjadi salah satu makanan yang memiliki nutrisi penting bagi tubuh. Sayuran juga mudah didapatkan dan relatif mudah untuk diolah. 

Namun, ternyata ada sayuran tertentu yang sebaiknya dihindari pemilik golongan darah O.

Bukan tanpa alasan, bila dimakan oleh pemilik golongan darah O, sayuran ini bukannya sehat justru menimbulkan efek fatal.

Kira-kira sayu apa saja ya yang harus dihindari? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021).

Alasan Golongan Darah O Wajib Menghindari 5 Sayuran Ini

Beberapa tahun belakangan, banyak penelitian yang melakukan pencocokan antara golongan darah dengan makanan manusia.

Makanya, ada diet golongan darah yang dipercaya jauh lebih ampuh untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, perbedaan golongan darah ini ternyata juga memiliki respons masing-masing terhadap asupan makanan.

Teori ini dilandasi penelitian bertahan-tahun yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS).

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah.

Di mana, bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah lainnya.

Kondisi itu bisa terjadi karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, yakni sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.

Apabila golongan darah tidak cocok dengan lektin, akan terjadi gangguan kesehatan, seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.

Penyakit yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni:

- Gangguan tiroid

- Radang sendi

- Alergi Sinusitis

- Penyakit Jantung

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Sayuran yang Harus Dihindari Golongan Darah O

1. Kubis-kubisan

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan: Kol hijau, Kol putih, Kol merah, Kembang kol Cuciwis.

2. Taoge

Pemilik golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

3. Jamur

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

4. Keluarga terung atau terong

Sayuran lain yang sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

5. Jagung

Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin.

Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Itulah 5 sayuran yang wajib dihindari pemilik golongan darah O. Jangan sampai dimakan ya Moms!