Menu

Jangan Disepelekan! Ini 7 Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Saat Musim Hujan, Penderita Diabetes Catat Ya!

22 Oktober 2021 09:35 WIB

Diabetes. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes atau kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi pemicu munculnya penyakit berbahaya lain. Makanya, kamu perlu waspada, apalagi di saat musim hujan.

Saat musim hujan, kondisi lingkungan menjadi lembap dan kotor, bakteri pun bisa berada di mana saja, termasuk di dalam makanan yang kita konsumsi. Akhirnya, gula darah bisa jadi enggak terkontrol.

Makanya, kamu harus tahu cara mengendalikan gula darah di saat musim hujan. Seperti apa? Yuk, catat tipsnya seperti dilansir dari laman Health Site (22/10/2021).

Pilih makanan higienis

Saat musim hujan, memilih makanan harus lebih hati-hati. Sebab, penderita diabetes memiliki kekebalan tubuh yang sensitif dan dapat memengaruhi masalah perut.

Cuci buah dan sayur

Sebelum konsumsi buah dan sayur, jangan lupa untuk selalu mencucinya terlebih dahulu. Apalagi kalau akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa membantu penurunan kadar gula darahmu.

Konsumsi rempah sehat

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, coba tambahkan rempah sehat, seperti bawang putih, lada, jahe, kunyit, bubuk jeera, dan ketumbar dalam makananmu. Selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi rempah juga dapat mengurangi gangguan pencernaan.

Jaga kebersihan kaki

Para penderita diabetes harus lebih berhati-hati terhadap kebersihan kaki saatt musim hujan. Jangan berjalan tanpa alas kaki karena tanah hampir berubah menjadi reservoir berkembangnya semua jenis kuman dan bakteri.

Hindari genangan air

Hindari berjalan di genangan air kotor saat musim hujan. Sebab, ada banyak bakteri di dalamnya. Jangan lupa untuk segera mandi setelah sampai rumah.

Hindari kaos kaki

Penderita diabetes lebih rentan untuk menangkap infeksi. Selain itu, kaki mereka menjadi mati rasa dan sakit yang disebabkan oleh kerusakan karena infeksi.

Pada musim hujan, enggak dianjurkan untuk memakai kaos kaki dalam jangka waktu yang lama. Saat menyeka kaki Anda yang basah, pastikan bahwa area di antara jari-jari kaki dibersihkan dengan handuk kering.

Perbanyak Olahraga

Pada musim hujan, kemungkinan goresan, memar, luka, kapalan pada kaki meningkat. Pembengkakan kaki dan kemerahan adalah beberapa komplikasi lain yang mungkin terjadi selama musim hujan.

Konsultasikan dengan dokter jika kamu melihat gejala-gejala ini. Jangan hentikan rutinitas olahraga di musim hujan. Setiap hari minimal 30 menit latihan sangat penting untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya!

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.