Menu

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Ini Memicu Sakit Maag, Nomor 3 Paling Sering Dilakuin!

26 Oktober 2021 21:00 WIB

Ilustrasi sakit maag. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Bukan cuma karena telat makan, tanpa disadari beberapa kebiasaan ini ternyata bisa memicu sakit maag kambuh. 

Sakit maag enggak cuma bikin perut terasa nyeri dan mual, melainkan juga rasa asam di mulut, dada terasa terbakar, bahkan sampai nyeri ulu hati. 

Selama ini banyak yang mengira penyebab sakit maag gegara telat makan. Padahal pemicunya bisa dari kebiasaan-kebiasaan dibawah ini yang jarang disadari bisa menyebabkan sakit maag. 

Seperti dilansir dari berbagai sumber (26/10/2021), berikut ini 5 kebiasaan yang jarang disadari bisa memicu terjadinya sakit maag. 

1. Pemanis Rendah Kalori

Embel-embel pemanis rendah kalori seperti xylitol, sorbitol, dan manitol ternyata tak sepenuhnya sehat. Justru pemanis buatan seperti ini bisa memicu gas lantaran usus cukup kesulitan untuk mencernanya. Alhasil, sakit maag bisa saja tak terhindarkan.

2. Kebiasaan Makan

Meskipun sudah makan dengan menu yang sehat, tapi jika kebiasaan setelah makan ini belum juga diperbaiki justru tetap saja bisa memicu terjadinya sakit maag. Kebiasaan tersebut seperti berbaring setelah makan dan berbaring di sisi kanan yang membuat perut lebih tinggi daripada kerongkongan. 

3. Begadang

Stres yang dipicu karena kurang tidur inilah yang bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dan secara perlahan dapat mengikis dinding lambung. Akibatnya, sakit maag pun tak terhindarkan.

4. Makan Makanan Berlemak dan Digoreng

Bukan cuma makanan mengandung asam yang dapat memicu sakit maag. Makanan berlemak dan digoreng pun berperan dalam menyebabkan sakit maag lantaran membuat lambung lebih banyak memproduksi asam. Hal ini dikarenakan makanan tersebut sulit untuk dicerna. 

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti bir dan soda bisa memicu asam lambung naik penyebab sakit maag, lho. Faktor penyebabnya karena gas yang tak dikeluarkan lewat sendawa akan berakhir di usus dan berujung naiknya asam lambung. 

Artikel Pilihan