Menu

5 Penyebab Mata Panda Meski Sudah Tidur yang Cukup, Apa Ya?

28 Oktober 2021 16:30 WIB

Wanita yang memiliki mata panda (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Mata panda tentunya cukup mengganggu penampilan jadi kurang percaya diri. Alhasil, harus ditimpa pakai concealer terus deh. 

Banyak anggapan pemicu mata panda disebabkan karena kurang tidur. Padahal, meski sudah tidur yang cukup, mata panda bisa saja menghampiri. 

Apalagi terdapat beberapa kondisi mata panda yang membutuhkan waktu lebih untuk mengatasinya. Terlebih kehadiran mata panda membuat penampilan menjadi tampak lesu dan tua.

Selain karena kurang tidur, 5 hal ini diduga menjadi faktor lain munculnya mata panda. Seperti dilansir dari berbagai sumber (28/10/2021), berikut diantaranya. 

1. Paparan Sinar Matahari

Terlalu lama atau sering terkena paparan sinar matahari bisa memicu timbulnya mata panda.

Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi melanin (zat pigmen warna kulit), pemecah kolagen, dan membuat kulit menjadi lebih tipis yang berdampak pada pembuluh darah yang lebih nampak terlihat. Sehingga mata panda pun tak terhindarkan.

2. Terlalu Lama Menatap Layar

Kebiasaan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, dan ponsel juga bisa memicu terjadinya mata panda. Ini dikarenakan, mata menjadi tegang sehingga pembuluh darah pun melebar yang berdampak pada kulit di sekitar mata menjadi menggelap. 

3. Dehidrasi

Selain membuat tubuh kurang berstamina, dehidrasi bisa membuat kulit bagian bawah mata nampak cekung dan kusam. Alhasil lingkaran hitam pada mata pun tak terhindarkan. 

4. Kafein

Kafein sejatinya bisa memicu terjadinya dehidrasi karena membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Menilik pada pemaparan sebelumnya, dehidrasi menjadi penyebab paling umum dari mata panda. 

Apalagi jika dibarengi dengan gaya hidup kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.

5. Faktor Genetik

Selain karena beberapa kebiasaan tersebut, mata panda juga bisa disebabkan karena adanya keturunan. Mata panda bisa nampak semakin jelas seiring dengan bertambahnya usia, juga kebiasaan kurang baik. 

Artikel Pilihan