Menu

Yummy and Healthy! 6 Camilan Ini Cocok Banget buat Penderita Diabetes, Ada Popcorn!

01 November 2021 11:15 WIB

Popcorn (unsplash/mahmoudfawzy)

HerStory, Sukabumi —

Penderita diabetes pastinya harus lebih memperhatikan asupan makanannya agar gula darah tetap stabil. Kendati begitu, penderita diabetes tetap boleh nyemil enak tapi tetap sehat lho. Salah satunya popcorn!

Sejatinya camilan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes di tengah jam makan besar. Tujuannya agar saat menyantap hidangan utama tak terlalu berlebih sehingga gula darah tetap terkontrol. 

Kunci dari camilan bagi penderita diabetes yakni yang tinggi protein dan serat. 

Seperti dilansir dari berbagai sumber (01/11/2021), berikut ini 6 camilan lezat tapi tetap sehat yang cocok bagi penderita diabetes. 

1. Cokelat Hitam

Enggak perlu khawatir, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi cokelat asalkan cokelat yang dipilih ini dark chocolate. Karena cokelat jenis ini dapat meningkatkan kerja hormon insulin sehingga gula darah pun dapat tetap stabil.

2. Yogurt

Yogurt dapat dijadikan sebagai camilan bagi penderita diabetes karena mengandung probiotik yang tinggi. Probiotik inilah yang mampu membantu proses pemecahan makanan tinggi gula sehingga kadar di dalam darahnya bisa berkurang. Tak lupa, pilihlah yogurt yang plain tanpa tambahan pemanis atau perasa apapun, ya!

3. Puding Chia Seed

Chia seed merupakan salah satu biji-bijian yang kaya akan serat. Tingginya kandungan serat inilah yang mampu memperlambat proses penyerapan gula dalam darah. Sehingga gula darah pun dapat terkontrol dengan baik. Beauty bisa mengonsumsi chia seed dengan mengolahnya menjadi puding.

4. Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan sehat nan lezat bagi penderita diabetes asalkan membuatnya sendiri di rumah, tentunya tanpa tambahan gula dan garam. Ini dikarenakan popcorn mengandung rendah kalori sehingga berat badan pun dapat terkontrol. Namun agar rasanya tak terlalu hambar, Beauty bisa menambahkan sedikit rempah-rempah pada popcorn tersebut.

5. Alpukat

Alpukat yang mengandung lemak baik bisa menjadi salah satu camilan bagi penderita diabetes. Selain itu, alpukat juga mengandung serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Bahkan sebuah studi mengungkapkan, mengonsumsi alpukat secara rutin bisa mengontrol gula darah dengan baik. 

Kendati begitu tetap harus bijak dalam mengonsumsinya, lantaran alpukat juga mengandung kalori yang tinggi. 

6. Kacang Almond

Kaya akan mineral dan vitamin menjadikan kacang almond sebagai salah satu camilan sehat lainnya bagi penderita diabetes. Bahkan sebuah studi menunjukkan adanya gula darah yang terkontrol dengan baik dalam jangka panjang setelah rutin mengonsumsi kacang almond. 

Namun tetap saja harus dibatasi dengan baik mengingat kacang almond juga mengandung kalori yang tinggi.