Menu

Beauty Catat! 6 Cara Alami Mengatasi Jerawat Secara Alami Tanpa Obat dan Produk, Gimana Tuh?

01 November 2021 13:00 WIB

Wanita sedang menyentuh jerawat di wajahnya. (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Sukabumi —

Mengatasi jerawat sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus melakukan perawatan khusus seperti menggunakan obat atau suatu produk tertentu. 

Cara alami untuk mengobati jerawat yang paling utama yakni dengan mengubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebab, segala perawatan menjadi percuma bilamana gaya dan pola hidup masih berantakan. Seperti sulit mengontrol stres

Stres yang tak terkontrol dengan baik bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat bahkan secara rombongan pada kulit. Sehingga sangat penting untuk mengontrol stres agar jerawat tak tumbuh bahkan berkembang. 

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber (01/11/2021), berikut sederet cara megatasi jerawat tanpa obat dan produk yang pasti bisa dilakukan oleh semua orang.

1. Selalu Bersihkan Alat Make Up

Kebersihkan alat make up harus diperhatikan secara rutin dengan cara mencucinya setiap seminggu sekali. Sebab, alat make up yang tak bersih bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Lantaran ada banyak sekali bakteri yang hinggap pada alat make up yang bisa menyumbat pori-pori pemicu tumbuhnya jerawat.

2. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Selain bisa memicu kenaikan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan produksi sebum dan berujung pada pertumbuhan jerawat. Makanan yang mengandung tinggi gula dapat dengan mudah ditemukan seperti olahan terigu, soda dan karbohidrat. 

3. Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah inilah yang mampu membantu memelihara sel kulit menjadi tetap sehat. Sehingga jerawat pun dapat terhindarkan. 

4. Cukup Tidur

Memperbaiki jam tidur sama dengan memperbaiki kondisi kesehatan kulit. Ini dikarenakan tubuh yang kekurangan waktu tidur dapat memicu hormon kortisol meningkat dan berujung pada tumbuhnya jerawat.

5. Gunakan Make Up Non-comedogenic

Selain menjaga kebersihan alat make up, pemilihan make up  juga merupakan hal penting dalam mengontrol munculnya jerawat. Salah satunya dengan menggunakan make up non-comedogenic karena lebih aman untuk kulit sensitif dan berjerawat agar tak menyumbat pori-pori. 

6. Banyak Minum Air Putih

Enggak cuma membantu tubuh tetap terhidrasi, banyak mengonsumsi air putih bisa membantu proses pemulihan jerawat dengan cepat. Sebab, tubuh yang terhidrasi bisa menghindarkan kulit tumbuh jerawat berlebih bahkan iritasi kulit. 

Artikel Pilihan