Menu

Gak Bisa Asal Pilih, Simak 5 Tips Memilih Pelembab yang Benar untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

02 November 2021 11:15 WIB

Seorang wanita dengan krim pelembab di wajahnya (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Kulit berminyak bukan berarti tak membutuhkan pelembab. Sebab semua jenis kulit sejatinya membutuhkan pelembab demi menjaga kesehatan kulitnya.  

Namun, bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat diperlukan perhatian lebih sebelum memilih pelembab yang akan dipakai. Keliru sedikit, bisa mendatangkan petaka berupa kusam sampai jerawat yang meradang.

Nah, supaya enggak salah memilih pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat, yuk simak 5 tips berikut ini sebagaimana melansir dari berbagai sumber (02/11/2021)

1. Water Based

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya memilih pelembab dengan berbahan dasar air, seperti lotion atau gel. Ini dikarenakan pelembab water based lebih ringan dan nyaman digunakan untuk kulit berminyak.

2. Non-comedogenic 

Kulit berminyak pada dasarnya rentan berkomedo bahkan berjerawat karena penyumbatan pori-pori dari sebum. Untuk itu, pilihlah pelembab yang berlabelkan non-comedogenic yang tak rentan menyumbat pori-pori. 

3. Bebas Minyak

Mengingat kulit berminyak bisa memproduksi sebum berlebih pada wajah, maka dari itu pilihlah pelembab yang bebas minyak. Agar kulit tak semakin berminyak juga mencegah terjadinya penumpukkan minyak pada area T zone.

4. Mengandung Retinoid

Kandungan retinoid pada pelembab bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih sehingga meminimalisir munculnya komedo bahkan jerawat pada wajah. 

5. Komposisi yang Mengandung Turunan Silicone 

Kandungan turunan dari silicone baik digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat karena berbahan dasar air sehingga lebih ringan dan nyaman untuk digunakan. Turunan silicone diantaranya gliserin, aloe vera, squalane, dan hyaluronic acid. 

Artikel Pilihan