Menu

Dahsyat! Sayuran yang Sering Dianggap Hama Ini Nyatanya Ampuh Cegah Diabetes, Cuss Masak Gih!

09 November 2021 09:10 WIB

Daun Kangkung. (Pexels/Laudia Tysara)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu salah satu penggemar sayur kangkung?

Ada kabar baik nih, Beauty! Ternyata, sayuran hijau yang dikonsumsi sehari-hari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia ini memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan risiko diabetes

Menilik kandungan gizinya sendiri, melansir HelloSehat, dalam secangkir kangkung yang sudah disiangi (kira-kira 56 g), kamu bisa memenuhi 70% kebutuhan vitamin A harian serta 51% kebutuhan vitamin C harian.

Soal khasiatnya, pada tahun 2013 para peneliti berhasil menemukan khasiat rutin makan kangkung untuk mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya yang dilakukan pada tikus percobaan.

Kemudian, dalam penelitian dalam Journal of Diabetes ini mencatat bahwa sayur kangkung bekerja sebagai antioksidan. Nah, antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

Gak cuma itu, menurut sebuah penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan melalui Jurnal Farmasi FMIPA Universitas Islam Indonesia, mengonsumsi kangkung juga terbukti menurunkan kadar gula dalam darah.  Dan hal ini menunjukkan bahwa kangkung memiliki efek antihiperglikemia dan mampu mencegah diabetes

Dianggap hamaKangkung

Tapi kamu tahu gak Beauty, meski dikenal sebagai salah satu sayuran kaya manfaat, siapa sangka jika sayur kangkung ini malah dilarang keras di Amerika?

Ya,kangkung dianggap berbahaya di Amerika Serikat. Di bawah wewenang undang-undang dari Federal Noxious Weed Act, Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Tanaman USDA (APHIS) melarang penjualan dan pembelian tanaman ini. Kecuali dapat izin yang dikeluarkan oleh USDA.

Kenapa ya? Usut punya usut, ternyata di Amerika Serikat, kangkung berada dalam daftar gulma atau hama yang berbahaya lho Beauty.

Selain itu, karena kangkung juga gak dikenali secara nasional sebagai tanaman pangan legal, maka gak ada pestisida yang diberi label khusus untuk itu. Padahal sangat penting untuk tidak menggunakan pestisida yang tidak diberi label untuk tanaman.

Terakhir, ada risiko keracuran pada tanaman kangkung dan merugikan orang-orang yang memakannya.

Cara mengolah kangkung

Perlu diingat ya Beauty, meski diklaim bisa mencegah diabetes, kamu gak bisa langsung memakan kangkung. Sebaiknya kamu mengolahnya dahulu sebelum dimakan.

Kamu gak perlu bingung gimana harus mengolahnya, karena ada berbagai resep kangkung yang menarik untuk dicoba.

Kamu bisa menumisnya, memasaknya bersama tauco, menggoreng kering hingga dengan tepung hingga menyerupai keripik, dibuat berkuah, maupun mengolahnya bersama bubur atau yang kerap dikenal sebagai bubur manado.

Semoga informasinya bermanfaat ya!