Menu

Sebelum Memutuskan untuk Membeli Setrika Uap, Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Moms

10 November 2021 17:05 WIB

Ilustrasi seorang wanita dengan setrika uap dan setumpuk pakaian. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Sukabumi —

Moms lagi galau mau beli setrikaan antara uap atau yang biasa? Supaya enggak kelamaan galaunya, yuk simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan setrika uap yang bisa menjadi bahan pertimbangan Moms.

Setrika merupakan alat elektronik yang paling wajib untuk dimiliki. Memang enggak semua pakaian harus disetrika, tapi dengan menyetrika keindahan pakaian dapat terjaga. 

Sebelum memilih untuk menggunakan setrika uap atau biasa, pertimbangan pertama adalah akan sebanyak apa pakaian yang bakalan Moms setrika. 

Dengan begitu, Moms bisa menemukan solusi terbaik untuk membeli setrika uap atau biasa. 

Nah, jika kebutuhan merapihkan pakaian Moms enggak terlalu banyak dan memiliki sederet pakaian yang rentan atau memiliki potongan yang cukup rumit, setrika uap adalah jawabannya. 

Supaya lebih jelas, disimak sampai tuntas yuk Moms kelebihan dan kekurangan dari setrika uap seperti dikutip dari berbagai sumber (10/11/2021)

Kelebihan

Setrika uap menggunakan uap air yang panas untuk melicinkan dan merapihkan pakaian. Kelebihan pertama dari setrika uap adalah lebih menghemat waktu dan mudah.

Sebab uap yang dihasilkan menyebar secara cepat sehingga keurutan pada pakaian pun lebih cepat hilang. 

Selain itu setrika uap juga bisa digunakan untuk semua jenis kain serta meminimalkan pakaian lengket atau rusak. Sehingga aman untuk pakaian yang ada sablonya.

Belum lagi, dengan setrika uap akan terhindar dari gosong atau hitam kalau enggak sengaja ditinggalkan.

Kekurangan

Karena membutuhkan air untuk mendapatkan uap, setrika uap kurang cocok digunakan untuk menyetrika banyak pakaian. Kalau air dalam tangki sudah habis, Moms harus mengisi ulang air yang cukup merepotkan. Selain repot harus mengisi ulang, setrika uap jika digunakan untuk menyetrika banyak baju lebih boros listrik, Moms. 

Meski relatif cepat dalam menyetrika, setrika uap bisa membuat baju menjadi apek dan berjamur. Lantaran menyetrika dengan uap membuat pakaian sedikit lebih basah. Jadi, pastikan pakaian harus benar-benar kering alami sebelum dan sesudah disetrika.