Menu

Gak Pede dengan Kantung Mata Hitam? Sederet Bahan Rumahan Ini Bisa Menghempaskannya!

10 November 2021 21:05 WIB

Wanita yang memiliki mata panda (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Beauty, mata berkantung dan ada lingkaran hitam bisa sangat mengganggu penampilan. Meski bisa ditutupi dengan riasan, siapa pun tentu lebih memilih untuk menghilangkan kantung dan lingkaran hitam pada bawah mata tersebut. 

Akan tetapi, perawatan yang dilakukan tak bisa sembarangan dilakukan. Sebab, bawah mata termasuk area yang sensitif dan lapisan kulitnya sangat tipis. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan kantung mata dan lingkaran hitam muncul. Mulai dari kurang tidur, dehidrasi, terlalu banyak minum alkohol, dan tak makan makanan yang seimbang. Selain itu, faktor genetik dan penuaan juga bisa jadi penyebabnya. 

Ahli Kosmetologi dan Spesialis Estetika Wajah dari India Shilpi Behl mengatakan, perawatan sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri dan dari rumah. Dikutip dari Times of India, berikut tips yang diberikan Shilpi.

Banyak Minum

Minum banyak air akan membantu mengecilkan kantung mata. Juga lakukan kompres dingin bisa bekerja dengan baik untuk mengecilkan kantung mata dengan cepat.

Kompres dengan Teh

Oleskan kantong teh, terutama teh hijau, di bawah mata untuk membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata.

Kafein dalam teh mengandung antioksidan yang sangat kuat, tak hanya meningkatkan aliran darah tetapi juga memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya. Sehingga bisa memperlambat proses penuaan.

Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab lingkaran hitam dan bengkak pada bawah maya. Oleh sebab itu, perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi. Bila perlu, mengonsumsi suplemen zat besi juga dapat mengurangi lingkaran hitam.

Pakai Krim Mata

Gunakan krim pencerah kulit di bawah mata atau gel yang mengandung bahan-bahan seperti hydroquinone, vitamin C, Kojic Acid, dan Hyaluronic acid.

Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya setiap hari, terutama saat akan keluar rumah. Pemakaian tabir surya bisa memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB. Pilih formula tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

Cukup Tidur

Jika lebih sering mengalami mata bengkak, tidurlah dengan posisi kepala ditinggikan. Ketinggian bisa mencegah pengumpulan cairan tubuh di bawah mata.

Paling penting, cukup tidur selama 8 jam setiap hari. Sebab, kurang tidur dapat membuat mata merasa lelah dan menyebabkan perubahan kulit di bawah mata yang menyebabkan lingkaran hitam.

Perbanyak Nutrisi

Kehilangan kolagen juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam. Makan makanan yang kaya vitamin C dan asam amino meningkatkan produksi kolagen dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, juga menghasilkan kulit yang lebih sehat.

Batasi Penggunaan Ponsel

Batasi waktu layar gawai karena cahaya buatan tersebut menyebabkan kulit lebih cepat kering.  Selain itu, menghilangkan kelembaban alami kulit yang menyebabkan kerusakan kolagen dan berakhir muncul lingkaran hitam.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan