Menu

Lewat Kampanye #GerakanReels, Instagram Bagikan 5 Konten Reels Paling Populer, Apa Saja?

18 November 2021 10:30 WIB

#GerakanReels. (Press Release)

HerStory, Jakarta —

Sejak diluncurkan pada bulan Juni lalu, Reels telah bertumbuh dan bergerak dengan sangat pesat di Indonesia. Instagram untuk pertama kalinya membagikan daftar tren dan insight menarik seputar Reels melalui kampanye #GerakanReels

Selain itu, Instagram juga akan melakukan uji coba penggabungan format video singkat di Instagram menjadi format Reels.  

Dalam kurun waktu lima bulan, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pembuat konten Reels paling aktif di dunia. 

Tab Reels juga tercatat berkontribusi secara signifikan terhadap proporsi waktu yang dihabiskan di Instagram secara keseluruhan.

“Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten entertainment di Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara,” ujar Pieter Lydian, Country Director untuk Meta Indonesia.

Berikut ini beberapa tema konten Reels yang populer di Indonesia. Apa saja, ya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Komedi

Orang Indonesia suka tertawa dan hal tersebut juga tercermin di Reels. Sebab, Reels membuka pintu bagi kreator-kreator baru, Instagram melihat munculnya generasi komedian baru di Instagram, seperti @arditerwandha, @kathypermata, @kristo.immanuel, @muhadkly, dan @vennyadisuryo, yang dengan kreatif memanfaatkan kekuatan video berdurasi singkat untuk membuat konten lucu dan menghibur.

Cinta dan Keluarga

Pandemi telah membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan dan keluarga. Konten yang menggambarkan interaksi bersama orang terkasih, mulai dari konten yang lucu hingga menyentuh hati, juga populer di Reels karena hal ini mencerminkan apa yang kita lalui setiap hari.

Fesyen

Orang masih suka belanja walaupun tidak bisa bepergian kemana-mana. Oleh karena itu, Reels menjadi tempat untuk menunjukkan gaya #ootd mereka.

Meditasi mata

Banyak konten yang menyejukkan dan membuat kita rehat sejenak dari rutinitas dan stress yang kita hadapi sehari-hari. Di Reels, data Instagram juga menunjukkan adanya tren peningkatan untuk obrolan dan diskusi mengenai kesehatan mental di Indonesia tahun ini lewat hashtag seperti #selflove dan #selfhealing.

Doa dan harapan

Media sosial menjadi sebuah medium untuk saling mengirimkan harapan dan kekuatan. Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya penggunaan #semangat. Selain itu, perayaan HUT RI ke-76 menjadi salah satu momen paling ramai di Reels di Indonesia dengan banyaknya doa serta harapan untuk Indonesia disampaikan melalui Reels.

Pengguna Indonesia sangat cepat beradaptasi, selalu bergerak, dan sangat kreatif. Hal ini tercermin dari data-data #GerakanReels yang diluncurkan, di mana Reels enggak hanya diisi oleh video orang-orang menari. 

"Ke depannya, kami tidak sabar untuk melihat pergerakan Reels di Indonesia dengan lebih banyak konten-konten inspiratif dan menghibur lainnya,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Program Hiburan, Meta Indonesia.

Dalam beberapa waktu ke depan, Instagram juga menguji coba sebuah fitur baru untuk menggabungkan seluruh video singkat dibawah 15 menit menjadi Reels.

Langkah ini merupakan cara bagi Instagram untuk menjawab apa yang diinginkan pengguna, yaitu video-video menghibur yang bisa ditemukan langsung di Feed mereka, serta pengalaman menjelajahi konten video layar penuh dengan kualitas tinggi.