Menu

3 Keuntungan Diet sambil Makan Pedas, Manjur Turunkan Berat Badan Lho!

19 November 2021 15:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita dengan dua potong ayam pedas. (Freepik/9nong)

HerStory, Sukabumi —

Makanan pedas menjadi salah satu makanan favorit banyak orang khususnya wanita. Selain bisa meredakan stres, makanan pedas ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan lho, Beauty. 

Ada beragam jenis diet yang ditawarkan di luar sana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Program diet hadir bukan cuma untuk menurunkan berat badan, tapi juga demi kesehatan untuk menghindari berbagai komplikasi serius karena kelebihan berat badan. 

Dengan begitu, diet tak bisa dilakukan secara sembarang sebab diperlukan perhatian lebih supaya enggak salah 'kaprah'. 

Untuk membantu program diet, bagi Beauty yang kuat dengan rasa pedas enggak ada salahnya buat menambahkan sajian pedas. Lantaran senyawa capsaicin pada cabai dipercayai mampu membakar kalori sampai lebih cepat kenyang. 

Seperti dikutip dari berbagai sumber (19/11/2021), berikut 3 keuntungan diet sambil makan pedas, penasaran?

1. Mengurangi Asupan Makanan Tinggi Gula dan Lemak

Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang mengonsumsi makanan pedas cenderung lebih sedikit dalam mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak. Dimana, kedua jenis makanan ini bisa menjadi biang kerok naiknya berat badan. Serta disebutkan juga makanan pedas membuat lebih cepat kenyang.

2. Membakar Kalori Lebih Banyak

Kandungan capsaicin dalam cabai ternyata membantu tubuh membakar kalori lebih banyak juga ketika sinyal dari perut diberikan ke sel-sel otak menjadi terganggu. Dampaknya, ketika mengonsumsi makanan pedas bukan cuma merasa puas dengan makanannya tapi juga menurunkan nafsu makan. 

Apalagi jika sampai berkeringat yang sama saja seperti berolahraga, namun hal ini tak bisa dirasakan secara maksimal bagi penderita obesitas.

3. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang meningkat lebih cepat secara tak langsung mempengaruhi nafsu makan. Sehingga diet yang sedang dijalani pun jadi lebih cepat berhasil. 

Meski begitu, bukan berarti bisa mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan ya, Beauty. Karena sesuatu yang berlebihan itu enggak baik, nantinya malah memicu diare sampai iritasi sistem pencernaan. 

Tak lupa, mengonsumsi makanan pedasnya juga yang rendah lemak dan garam, ya! 

Artikel Pilihan