Menu

Beauty, Yuk Lakukan 4 Tips Dekor Ruang Keluarga Ini Agar Tahun Barumu Lebih Nyaman

22 November 2021 12:10 WIB

Ilustrasi rumah. (Unsplash/Kara Eads)

HerStory, Jakarta —

Ruang keluarga merupakan spot yang nyaman untuk menghabisakan waktu bersama setelah beraktifitas. Biasanya, ruangan ini akan dibuat senyaman mungkin untuk bekerja, bersosialisasi, ataupun hanya duduk santai lho, Beauty.

Ruangan ini adalah spot paling penting di rumah mana pun sehingga ruang keluarga perlu didekorasi secantik dan semenarik mungkin, terutama saat penghujung akhir tahun. Pastikan ruang keluarga dirancang dengan nyaman, fungsional dan estetik. 

Akan tetapi, mendekorasi ruang keluarga kadang kala bisa tampak seperti tugas berat. Seseorang dapat kewalahan dengan banyaknya pilihan, warna, tata letak furnitur dan aksesori yang tersedia. 

Untuk menghindari kesalahan, berikut empat aturan mendekorasi ruang keluarga yang dilansir dari laman Roohome.

Sebelum membeli furnitur atau aksesori dekoarasi, penting sekali untuk menentukan bagaimana ruang keluarga ingin diatur. Lakukan pengukuran ruang dan tentukan berapa banyak furnitur yang perlu diperlukan sebelum berbelanja barang baru.

Tata letak juga sangat penting untuk memaksimalkan fungsionalitas dan kenyamanan ruangan. Kamu perlu menentukan apakah menginginkan ruang keluarga formal atau ruang keluarga informal dengan beberapa area percakapan. Hal ini berpengaruh terhadap pembelian furnitur.

Hati-hati dalam pilih warna 

Warna adalah elemen paling berpengaruh saat mendekorasi ruang keluarga. Warna tak hanya warna tembok, tetapi warna lantai dan furnitur juga perlu dipikirkan.

Warna yang membangkitkan emosi dapat membantu menentukan nuansa serta nada ruang keluarga. Misalnya, merah adalah warna kuat yang membangkitkan emosi kuat, yang mungkin terlalu berlebihan untuk ruang tamu kecil. 

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan hal yang sangat penting saat mendekorasi ruang keluarga karena dapat membantu menciptakan suasana dan estetika. Sebelum berbelanja perlengkapan lampu, kamu harus putuskan berapa banyak pencahayaan yang dibutuhkan dan jenis lampu yang paling cocok dengan desain ruang keluarga.

Ruang keluarga kendatinya memiliki banyak tujuan. Karena itu, penting untuk fokus pada suasana keseluruhan yang diinginkan untuk ruang keluarga.

Misalnya, sedikit remang-remang dapat menciptakan perasaan romantis dan intim di ruang kelaurga. Sementara lampu gantung yang terang, akan memberi rumah nuansa energik di ruang keluarga.

Jangan lupakan karpet

Karpet juga dapat menentukan area di ruang keluarga dan bertindak sebagai titik fokus ruangan lho, Beauty. Ada baiknya kamu mencocokkan ukuran karpet dengan ukuran furnitur untuk menghindari kepadatan ruang. 

Jika kamu memilih karpet besar, mungkin tak perlu menempatkan semua perabotan ruang kelaurga di atasnya. Ingatlah bahwa kaki furnitur tak boleh menindih karpet dan mengambil lebih dari sepertiga karpet, untuk menghindari kerusakan.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.