Menu

Waduh! Kebiasaan Makan Tengah Malam Ternyata Bisa Bikin...

22 November 2021 15:10 WIB

Ilustrasi wanita makan banyak (Kedainews/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu punya kebiasaan makan di tengah malam? Waduh, sepertinya kamu harus mulai berhenti, deh. Karena ternyata kebiasaan makan tengah malam mu itu bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu, lho.

Makan tengah malam ternyata memiliki efek yang nggak baik bagi berat badan, energi, dan hormon pada tubuh. Berikut beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya nggak makan tengah malam. Cek di bawah ini, ya!

1. Mempengaruhi memori

Mengonsumi snack di tengah malam bisa berdampak negatif bagi memori manusia. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan kalau makan tengah malam ternyata bisa punya pengaruh nggak baik untuk fungsi kognitif di dalam tubuh manusia.

2. Bisa bermimpi buruk

Kebiasaan makan tengah malam bisa membuat seseorang bermimpi aneh dan membingungkan yang bikin susah tidur. Makan tengah malam membuat area gastrointestinal di perut jadi nggak nyaman sehingga bisa menganggu kualitas tidur.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Ada sebuah penelitian mengungkapkan kalau makan tengah malam ternyata bisa bikin tekanan darah menjadi tinggi. Ini disebabkan karena makan sekitar satu sampai dua jam sebelum tidur bikin kandungan garam di dalam tubuh jadi meningkat, lho.

4. Muncul penyakit asam lambung

Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur juga bisa memunculkan penyakit asam lambung. Jika seseorang tidur dengan keadaan makanan di perut yang masih penuh, kandungan asam akan tumpah memenuhi perut hingga kandungan asam masuk ke kerongkongan. Maka dari itu, muncullah penyakit asam lambung.

5. Merasa sangat lapar di pagi hari

Yang terakhir, dampak buruk dari makan tengah malam juga akan membuat kamu merasa sangat lapar di pagi hari. Penyebabnya adalah produksi glukosa yang meningkat dalam tubuh sehingga bisa memicu rasa lapar yang berlebihan.

Lihat Sumber Artikel di Dewiku.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Dewiku.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan