Menu

Hebat Banget! Ternyata Ini Manfaat Oat Milk Selain Cegah Kolesterol jahat

23 November 2021 08:40 WIB

Ilustrasi masker oatmeal dan madu (Mymilk/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahu gak sih kalau ternyata oat milk itu memiliki banyak manfaat, lho. Susu jenis ini juga menjadi pilihan yang cocok bagi vegan dan juga aman untuk yang alergi susu.

Hal ini karena oat milk mengandung beta-glukan (serat larut), protein dan memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Oat milk termasuk jenis susu yang unik juga, lho karena karena oat milk bebas dari alergen yang ditemukan pada jenis susu lain.

Namun tak hanya itu, oat milk memiliki segudang manfaat utama bagi tubuh. Dilansir dari laman BoldSky, berikut manfaat oat milk bagi tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Oat milk mengandung beta-glukan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa pria dengan kolesterol tinggi yang minum oat milk selama lima minggu mengalami penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol LDL (buruk). 

Studi lain yang turut mencatat juga melaporkan bahwa oat milk efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada subjek sehat. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Oat milk disebut diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, dua nutrisi penting yang membantu membangun tulang yang kuat dan padat.

Kalsium tentu sangat dibutuhkan untuk memelihara tulang agar kuat dan sehat. Dan apabila kamu meningkatkan asupannya sama saja hal dapat menurunkan risiko patah tulang lho. Vitamin D bekerja dengan meningkatkan penyerapan kalsium untuk lebih meningkatkan kesehatan tulang. 

Kalsium dan vitamin D terkait dengan kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko osteoporosis. 

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Oat milk bisa bermanfaat bagi penderita diabetes juga, lho. Studi telah menunjukkan bahwa beta-glukan berpotensi mempunyai manfaat dalam pengobatan diabetes dan risiko kardiovaskular terkait. Dengan meminum oat milk ternyata bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Beta-glukan dalam oat milk bisa membantu memperlambat pencernaan dan membuatmu merasa kenyang lebih lama lho, Beauty. Ini mungkin bisa membantumu makan lebih sedikit, yang tanpa disadari juga bisa menurunkan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa serat larut dapat membantu manajemen berat badan jangka panjang.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Karena oat milk adalah sumber vitamin A dan vitamin D yang hebat, mengonsumsinya dapat membantu meningkatkan kekebalan dan menangkal infeksi. Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara vitamin A, D dan fungsi kekebalan.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.