Menu

Beauty, Kenali Yuk Manfaat Komunikasi Sama Pasangan! Tenyata Sepenting Ini...

23 November 2021 09:10 WIB

Ilustrasi hubungan kandas (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang pasti pernah mengalami kesulitan untuk membicarakan isi hatinya kepada pasangan. Mulai dari bingung bagaimana cara membicarakannya, sampai lebih memilih diam daripada menyelesaikan masalah. Padahal hal tersebut sangat berguna lho untuk kelangsungan suatu hubungan.

Jika kamu sering bertengkar atau menyembunyikan perasaan negatif, kamu mungkin akan sulit juga untuk membangun komunikasi dengan pasangan. 

Padahal, komunikasi menjadi sesuatu yang penting dalam menjalin hubungan apapun. Dalam praktiknya, komunikasi terkadang dipandang sebelah mata atau diterima begitu saja. Padahal, tanpa komunikasi, segala sesuatu bisa hilang dan terlupakan, terutama perjalan kisah cintamu dengan pasangan.

Ternyata, ada perbedaan antara berkomunikasi secara efektif dengan komunikasi ala kadarnya. Komunikasi secara efektif biasanya dilakukan kepada orang-orang terdekat dan dalam hubungan yang serius. 

Namun ada kalanya, hubungan yang serius ke jenjang pernikahan pun belum berbekal komunikasi yang efektif.

Dilansir Akurat.co dari laman Better Help, komunikasi efektif adalah cermin dari komunikasi yang sehat. Karena membangun komunikasi yang sehat dalam hubungan sangat penting, berikut alasannya:

Menyelesaikan konflik

Setiap pasangan pasti mengalami konflik dalam hubungan mereka. Seluruh konflik harus selesai dengan cara yang tepat dan juga cepat. 

Ketika konflik enggak dapat diselesaikan dan salah satu atau keduanya sengaja saling menyakiti, semua itu tentu enggak sehat untuk kelangsungan hubungan, lho.

Hubungan jarak jauh lebih langgeng

Pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) harus mempunyai metode komunikasi yang sehat dan efektif, untuk mempertahankan cinta mereka. 

Apapun alasannya, jangan sampai hubungan jarak jauh membuat komunikasi kalian renggang, bahkan sampai putus-nyambung berulang kali. Jika enggak ada komunikasi yang baik, pasangan bisa menjauh dan semakin lama renggang, lalu menghilang, hingga berpaling ke hati yang lain.

Berkomunikasi lebih dalam

Komunikasi efektif enggak selalu berbincang tentang sesuatu yang serius. Obrolan ringan atau candaan bisa menjadi perekat pasangan. 

Kamu bisa gunakan komunikasi sebagai alat untuk mengetahui sosok kekasih hatimu, seperti apa karakternya, bagaimana suasana hatinya, bahkan seperti apa prinsip hidupnya. Apabila dipergunakan dengan baik, komunikasi akan membuat hubungan kalian lebih bermakna.

Maka, jangan diam. Ngomong. Ngomong! Oke?

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.