Menu

Siap Berpergian? Pelajari Cara Gunakan Toilet Pesawat Agar Tetap Bersih Yuk

23 November 2021 14:35 WIB

Penggunaan Tisu Toilet

HerStory, Jakarta —

Dikarenakan protokol kesehatan yang semakin ditingkatkan seperti penyaringan HEPA dan juga peraturan tentang masker. Khususnya selama perjalanan udara, hal ini menghasilkan penyebaran virus Covid-19 dalam perjalanan udara relatif lebih rendah lho.

Selain itu, penumpang menghadap ke arah yang sama dan cenderung duduk dengan tenang daripada bicara, berteriak ataupun bernyanyi.

Namun, kamu sangat mungkin untuk menggunakan toilet di pesawat. Ini tentu menjadi salah satu cara menyebarkan kuman, bakteri hingga virus yang seringkali terabaikan lho.

Berikut AKURAT.CO uraikan cara paling higienis untuk menggunakan toilet di pesawat.

Desinfeksi permukaan

Michelle Barron, direktur medis senior pencegahan dan pengendalian infeksi di UCHealth di Colorado menyarankan untuk menggunakan tisu desinfektan pada gagang pintu, tutup, dan wastafel toilet sebelum menyentuhnya.

Philip M. Tierno, seorang profesor mikrobiologi dan patologi di Fakultas Kedokteran Grossman Universitas New York, mencatat bahwa meskipun kulit adalah penghalang alami bagi kuman, ia tetap menyarankan bepergian dengan semprotan desinfektan untuk area seperti toilet pesawat.

Sentuh sesedikit mungkin

Pastikan kamu memiliki penghalang antara tangan dan permukaan apa pun yang harus kamu sentuh.

"Kamar kecil kemungkinan menyimpan lebih banyak kuman, dan digunakan oleh lebih banyak orang. Jadi, penting untuk membatasi kontak dengan permukaan. Gunakan barang sekali pakai seperti handuk kertas untuk menyentuh pegangan pintu, tutup atau pegangan toilet, wastafel, dll," kata Barron. 

Jagdish Khubchandani, seorang profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University, menyarankan untuk meletakkan tisu di kursi toilet atau penutup kursi kertas jika tersedia, kemudian buang sehabis digunakan. 

Tutup toilet sebelum dibilas

Mikroba dapat menular dan menyebar lewat pembilasan toilet. Aerosol toilet ini dapat menjadi vektor penyakit, termasuk Covid-19. 

"Kamu dapat menutup tutup toilet sebelum menyiram untuk menghindari penyebaran kuman ke udara selama siklus pembilasan," kata Barron.

Pertimbangkan untuk tak menggunakan tisu toilet 

Jika bisa, gunakan tisu pesawat untuk membersihkan diri alih-alih menggunakan tisu/kertas toilet.

Tisu toilet umumnya biasanya terletak di tingkat yang lebih rendah. Secara signifikan ini meningkatkan kemungkinan bahwa cairan apa pun bisa terciprat ke tisu. 

Di luar langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan selama di kamar mandi, kamu juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan selama perjalanan udara dengan mengikuti panduan dari para ahli, termasuk memakai masker dengan benar, jangan terbang jika merasa sakit dan pastikan sudah mendapatkan vaksin. 

“Tentu saja, kita semua mengenakan masker di pesawat sekarang, yang membantu menjaga semua orang lebih aman, tetapi hal terpenting yang saya rekomendasikan kepada semua orang adalah mendapatkan vaksin Covid-19 dan influenza,” kata Barron.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.