Menu

Beauty, Pahami Perbedaan Hydrating Toner dan Exfoliating Yuk!

23 November 2021 16:35 WIB

Ilustrasi seorang wanita menggunakan skincare yang mengandung alkohol. (Freepik/Lookstudio)

HerStory, Jakarta —

Banyak wanita semakin sadar akan pentingnya perawatan kulit wajah, selain maraknya 10 steps skincare ala Korea. Ternyata diketahui juga bahwa kulit kamu membutuhkan double toning lho.

Biasanya, sabun cuci muka yang digunakan akan menghilangkan Ph balance. Nah ini lah salah satu fungsi toner yaitu untuk mengembalikan lagi kondisi kulit setelah langkah pembersihan.

Disarankan menggunakanan dua jenis toner, yakni exfoliating toner dan hydrating toner.

Gimana? Kamu masih bingung dengan perbedaan kedua toner tersebut? Yuk simak ulasan Dewiku.com berikut ini!

1. Exfoliating Toner

Sering disebut juga sebagai acid toner. Produk ini digunakan pertama kali setelah double cleansing, bisa dilakukan di pagi dan malam hari dengan menggunakan kapas.

Toner ini berfungsi untuk mengikis sel kulit mati yang menyebabkan kulit wajah kusam serta mengembalikan Ph kulit.

Sesuai namanya, Acid Toner, tentu di dalamnya mengandung bahan kimia bernama Acid. Antara lain yaitu AHA (Glycolic Acid, Lactic Acid, Malic Acid, Citric Acid dan Mandelic Acid), BHA (Salicylic Acid dan Betaine Salicylate) dan PHA (Gluconolactone dan Lactobionic Acid).

Untuk tahu perbedaan di antara keduanya, cara paling mudah adalah melihatnya dari kandungannya.

Merek yang bisa digunakan antara lain Pixi Glow Tonic, Benton Aloe BHA Skin Toner, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, Mizon AHA & BHA Daily Clean Toner, Clinique Mild Clarifying Lotion da Hada Labo Mild Peeling Lotion.

2. Hydrating Toner

Hydrating toner menjadi step yang gak kalah penting  dan perlu dilakukan setelah menggunakan exfoliating toner lho. Sesuai namanya, hydrating toner berguna untuk memberikan hidrasi dan kelembapan, karena biasanya setelah cuci muka kulit jadi terasa seperti tertarik. Jika kulit lembap, maka kulit bakal lebih mudah untuk meyerap essence, serum dan sunscreen.

Selain itu, hydrating toner bisa menyeimbangkan kembali kadar pH kulit setelah proses cleansing.

Untuk hydrating toner, ia mengandung bahan-bahan melembapkan seperti gliserin, sodium PCA, hyaluronic acid, aloe vera, chamomile, rosewater, dan sejenisnya.

Merek yang bisa dicoba antara lain Innisfree Green Tea Balancing Skin, Sensatia Botanicals Neroli Blossom Facial Toner, Hada Labo Lotion, Nuxe Rose Petals Gentle Toning Lotion, Corine de Farme Eau Gentle Rose Water.

Lihat Sumber Artikel di Dewiku.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Dewiku.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.