Menu

Tampil Edgy, Yuk Pelajari Tips Menata Rambut Pendek

23 November 2021 18:00 WIB

Rambut bob (thesonet/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ternyata ada banyak cara styling untuk rambut pendekmu lho, Beauty. Kamu bisa menentukan apakah penampilanmu ingin terlihat anggun dan menawan atau edgy dan bold.

Namun, menata rambut pendek juga ternyata mempunyai tantangan tersendiri. Dibandingkan dengan rambut panjang, proses untuk menata rambut pendek bisa jadi sulit untuk dilakukan.

Inilah yang membuat banyak wanita kehabisan pilihan gaya dengan cepat.

Faktanya, ternyata ada banyak cara untuk menata rambut pendek lho. Beberapa orang memiliki rambut ikal dan bergelombang sementara tak seidkit juga yang terlahir dengan rambut yang sangat lurus.

Ada yang memiliki rambut tipis, normal, atau tebal. Mulailah dengan menentukan jenis rambut alami kamu, lalu cobalah beberap tips penataan rambut pendek berikut ini, dilansir AKURAT.CO dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

Rambut halus

Jika memiliki rambut halus, masalah terbesar kamu pasti adalah menciptakan volume dan mempertahankannya.

Hal yang sama berlaku jika kamu memiliki rambut super lurus.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengikuti tips dan teknik volumizing, seperti mengeringkan rambut dengan suhu panas rendah, dan menggunakan sikat bundar.

Pastikan untuk menggunakan sampo dan kondisioner penambah volume ya, serta produk yang memberikan banyak daya angkat dan tahan.

Rambut tebal

Untuk rambut pendek dan tebal, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Kepadatan yang tebal dapat membuat potongan rambut tertentu lebih sulit untuk ditata, terutama setelah potongan mulai tumbuh. Kunjungi salon sesering mungkin untuk menghindari masalah ini ya, Beauty.

Rambut bergelombang

Rambut bergelombang atau keriting terlihat menakjubkan terlepas itu panjang atau pendek. Namun, rambut mengembang dan sulit diatur adalah masalah serius.

Dengan gaya pendek, rambut gelombang dan ikal yang indah cenderung jadi tak dapat terkendali. Kamu bisa mencegah hal itu terjadi dengan menggunakan produk yang menghaluskan rambut ya, Beauty.

Kamu juga dapat menggunakan frizz fighters seperti serum dan semprotan.

Rambut berlapis

Banyak gaya rambut pendek menggabungkan banyak lapisan. Itu bisa terlihat sangat menakjubkan jika ditata dengan benar.

Pastikan kamu terus menjaga lapisan dengan mengeringkannya dengan benar dan mengunjungi salon seperlunya.

Jika tak begitu, gaya berlapis akan tampak aneh dan berantakan.

Selain memerhatikan perawatannya, ternyata aksesoris juga memiliki kekuatan untuk mempercantik tatanan rambut lho.

Hanya dengan sentuhan sederhana, penampilan kamu bisa langsung tampak menakjubkan.

Berikut AKURAT.CO uraikan beberapa aksesoris yang bisa mempercantik tampilan rambut pendekmu : 

Headbands

Mengenakan ikat kepala dengan rambut pendek adalah salah satu cara fantastis. Ini akan menarik perhatian ke tatanan rambut.

Kamu bisa memilih berbagai jenis bando, semua pilihan tentunya ada pada kamu. Cukup temukan satu bando yang membuatmu merasa baik dan mencerminkan kepribadian kamu. 

Beanies

Selain headbands, kamu juga bisa menggunakan beanie. Ini adalah aksesori yang bagus untuk dikenakan pada hari yang dingin atau ketika rambut "menolak" untuk bekerja sama.

Ingatlah bahwa topi cenderung meratakan rambut, terutama saat basah. Jadi, atur penggunaannya agar rambut kamu tak tertlihat aneh ya. 

Aksesori lainnya

Aksesori lain yang harus dimiliki untuk rambut pendek antara lain adalah jepit rambut dan head wraps. Ini adalah pilihan bagus untuk gaya berlapis, dan bisa menjaga rambut terselip ke belakang.

Ini juga sering digunakan untuk menjauhkan poni dari wajah dan dapat memberikan gaya rambut yang lebih pop.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.