Menu

Cuci Baju Pakai Cairan Pencuci Piring? Aman Gak Ya Moms?

23 November 2021 19:30 WIB

Ilustrasi mencuci baju. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Ternyata diluar sana banyak lho Moms ibu rumah tangga yang meracik ramuan pencuci pakaiannya sendiri karena beranggapan bahwa detergen atau sabun pencuci baju biasa tak cukup ampuh.

Salah satu ramuan unik yang diketahui dan sempat viral di TikTok adalah percampuran pencuci baju dengan pencuci piring yang dibagikan oleh wanita dengan akun TikTok @tiktokers.81.

Campuran itu terdiri dari detergen cair, sabun cuci piring, dan sedikit sitrun alias asam sitrat. Sitrun adalah senyawa asam organik lemah yang biasanya dipakai sebagai zat pembersih dan pengawet.

"Tapi memang hasilnya bikin woooow," tulis akun @tiktokers.81 mengiringi unggahan yang dibuat pada 26 Februari 2021 tersebut.

Sampai Minggu (28/2/2021), video itu sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dan menuai banyak komentar. Banyak warganet menanyakan manfaat dari sabun pencuci piring yang dijadikan campuran pembersih pakaian.

Melihat banyaknya pertanyaan soal manfaat sabun pencuci piring ini, pemilik akun @tiktokers.81 pun langsung memberikan penjelasan. Menurutnya, bahan ini bisa menghilangkan lemak atau minyak pada pakaian.

"Kok pakai sunlight biar apa ya, Bund?" tanya seorang warganet.

"Fungsinya dikasih sunlight biar apa ya Bu Ibu?? Terus takarannya seberapa?" celetuk yang lain.

"Sumpah, ini berasa aneh banget. Tujuannya apa please, kasih tahu," tutur lainnya.

"Biar lemak-lemak atau minyak yang nempel di baju luntur, takaran bebas," jawab akun @tiktokers.81 soal manfaat sabun pencuci piring untuk pakaian.

"Biar bersih, Bun. Aku nyuci juga gitu, pakai rinso sama sunlight. Tapi nggak pakai sitrun," kata warganet lain ikut menjelaskan.

Lalu, apakah aman membersihkan pakaian menggunakan sabun pencuci piring? Melansir situs Boldsky, rupanya enggak dianjurkan untuk memakai sabun pencuci piring sebagai pembersih pakaian.

Alasannya, karena kandungan sabun cuci piring enggak cukup kuat untuk membersihkan noda pada pakaian. Sabun cuci piring juga mungkin bisa saja mengikis serat pakaian karena pada dasarnya dibuat untuk membersihkan benda logam, kaca, atau plastik.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan