Menu

Wow! Tenyata Ini Tips Traveling Tanpa Nyekek Dana

23 November 2021 16:20 WIB

Pasangan yang Hobi travelling. (Unsplash/Toa Heftiba)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang gak suka traveling? Pergi ke tempat bagus, mengabadikan moment dengan berfoto, menghilangkan stress, melepas beban serta memanjakan diri, dan juga dapat bertemu dengan banyak orang baru merupakan alasan kebanyakan orang untuk berpergian.

Namun untuk sebagain orang, melakukan kegiatan traveling bisa sampai merogoh kocek yang cukup dalam. Terutama untuk kamu memiliki penghasilan pas-pasan.

Tapi tenang saja! Untuk kamu yang memiliki gaji pas-pasan, namun ingin meyalurkan keinginannya untuk bisa traveling ke tempat yang kamu inginkan, yuk simak beberapa tips yang dirangkum dari koinworks.com.

1. Membagi Anggaran

Bagilah keuangan kamu dalam lima bagian. Yakni, 30 persen untuk kehidupan sehari-hari, 20 persen kebutuhan sosial, 15 persen kebutuhan pendidikan, 10 persen wisata atau liburan dan 25 persen untuk investasi.

Kalau kamu memiliki gaji yang pas-pasan Jadi dalam kasus gaji 4 juta, kebutuhan sehari-hari sebesar 1,2 juta, sosial 800 ribu, pendidikan 600 ribu, liburan 400 ribu, dan untuk investasi 1 juta.

2. Mencari Dana Tambahan

Jika kamu merasa bahwa dengan biaya seperti diatas, yaitu Rp4.800.000 masih tak mencukupi untuk bisa pergi ke tempat impian kamu, cobalah dengan mencari tambahan biaya lain.

Kamu bisa melakukan kegiatan freelancer atau bekerja part-time di hari weekend, supaya pekerjaan utama kamu juga tak terganggu.

Dari penghasilan tersebut, selain kamu bisa menambahkan anggaran traveling, kamu juga bisa mendapatkan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

Atau, kalau kamu masih sibuk dengan pekerjaan utama dan kegiatan lainnya, selain mencari dan tambahan dengan freelancer dan kerja part-time, kamu juga bisa mencoba investasi.

3. Booking Tiket Pesawat Lebih Awal

Ketika kamu sudah menetapkan tujuan kemana kamu ingin traveling, cobalah untuk membeli tiket  pesawat dari beberapa bulan sebelumnya deh, Beauty.

Hal tersebut dapat menghemat budget kamu dalam melakukan traveling.

Dengan kamu memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Dan juga, biasanya banyak maskapai yang menyediakan promo tiket murah untuk penerbangan beberapa bulan kedepan.

4. Pergi Saat Low Season

Kalau kamu ingin bergergian dengan harga tiket atau penginapan yang murah, cobalah untuk tak traveling ketika sedang high season, misalkan berpergian ketika sedang libur natal, long weekend atau libur lebaran.

Karena ketika musim liburan apalagi saat high season semua harga sudah pasti akan naik.

Dengan memilih untuk pergi ketika low-season, selain harga-harga di tempat wisata jadi murah. Kamu pun bisa dengan leluasa foto-foto karena tak banyak turis datang lho, Beauty.

5. Coba Ikut Open Trip

Open trip adalah perjalanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan ke destinasi tertentu. Untuk yang berminat traveling ke destinasi tersebut.

Kamu tinggal mendaftar dan terima beres aja. Karena, segala urusan transportasi dan penginapan sudah diatur oleh pihak agen perjalanan.

Nah, dengan mengikuti open trip ini, biaya yang kamu keluarkan pastinya akan lebih murah dibandingkan dengan solo traveling.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan