Menu

5 Bahan Alami Ini Tenyata Bisa Ngusir Kecoak Lho Moms...

23 November 2021 17:20 WIB

Kecoak

HerStory, Jakarta —

Moms tau gak sih? Selain kehadiran kecoak yang tak kita sukai karena menjijikan, ternyata hewan itu juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan juga kebersihan rumah kamu, lho. Kecoak ternyata dapat menularkan serta mengembangbiakan bakteri berbahaya pada makanan.

Kecoak sebenarnya bisa dibasmi dengan pembasmi serangga kimiawi dengan berbagai bentuk yang bisa dengan mudah ditemukan di minimarket atau bahkan warung pinggir jalan. Tapi, bahan-bahan kimia ini ternyata juga mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan bila terhirup secara terus-menerus dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, tak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami yang punya kemampuan untuk mengusir kecoa dan serangga-serangga lainnya. Kecoa dan hama lainnya pergi, maka Moms serta keluarga akan tetap sehat. Berikut ini adalah lima bahan alami yang mempunyai kekuatan membasmi kecoa yang sudah dirangkum oleh Dekoruma khusus untuk Moms ya.

Daun Salam

Daun salam dikenal dengan wanginya yang harum dan khas. Daun salam juga merupakan salah satu bahan makanan yang lazim digunakan sebagai penambah aroma alami pada masakan. Aromanya itulah yang tak disukai kecoa. Cara menggunakannya pun mudah, cukup hancurkan daun salam dengan meremasnya menjadi butiran-butiran yang lebih kecil atau tumbuk sampai hancur. Kemudian, taburkan di tempat kecoa bersarang ya Moms.

Kopi

Hampir semua orang familiar dengan bau kopi karena memiliki karakter tersendiri yang sangat mudah ditebak. Saat manusia cenderung menyukai bau kopi dan menggunakannya sebagai pengharum ruangan alami, aroma kopi malah sangat dibenci kecoak. Satu hal yang perlu diperhatikan, saat akan menaburkan bubuk kopi di tempat yang banyak kecoak, kopi yang seharusnya digunakan adalah kopi hitam tanpa pemanis. Jangan gunakan kopi olahan dengan gula ya Moms, karena itu hanya akan mengundang serangga lain seperti semut.

Timun dan Lemon

Dua bahan makanan ini identik dengan teksturnya yang berair dan membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih segar. Khusus untuk timun, masukkan beberapa potongan timun ke dalam kaleng berbahan besi. Aroma besi yang dipadukan dengan timun ternyata ampuh mengusir kecoa.

Untuk lemon, kandungan pathogenic yang dimilikinya membuat lemon mempunyai kemampuan antibakteri yang perasannya dibenci oleh kecoak.

Petroleum Jelly

Lebih banyak dikenal sebagai pelembap kulit, petroleum jelly ternyata memiliki kemampuan untuk membasmi kecoak. Hal yang harus dilakukan supaya petroleum jelly ampuh mengusir kecoa adalah mencampurkannya dengan gula. Gula akan menjadi zat yang menarik kecoa untuk datang, tapi saat kecoa menginjak permukaan petroleum jelly, ia akan terperangkap dan mati dengan sendirinya lho.

Minyak Esensial

Minyak esensial yang memiliki aroma tumbuhan biasanya digunakan untuk memberikan suasana rileks bagi penggunanya. Aroma yang menyengat dari minyak esensial juga bisa digunakan untuk menyamarkan bau makanan atau bau sampah yang disukai kecoa. Kandungan konsentrat di dalam minyak esensial juga berbahaya bagi kecoa dan bisa membuat mereka mati. Untuk penggunaannya, cukup semprotkan minyak esensial di tempat-tempat yang sering dihinggapi kecoa saja ya, Moms.

Gunakan bahan-bahan alami di atas maka rumah kamu akhirnya akan bisa terbebas dari kecoak tanpa harus menggunakan bahan kimia lho, Moms. Kamu dan keluarga pun jadi lebih merasa aman tinggal di rumah. Selamat mencoba, Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.