Menu

Mudah Banget! Ternyata Begini 4 Cara Bersihkan Setrika Gosong

23 November 2021 19:10 WIB

Ilustrasi seorang wanita dengan setrika uap dan setumpuk pakaian. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Setrika gosong dan kotor malah bisa bikin kegiatan nyetrikamu gak optimal ya, Moms? jangan khawatir, ternyata ada cara mudah dan murah untuk membersihkannya, lho!

Cara membersihkan setrika gosong sebenarnya cukup mudah Moms. Kamu dapat memakai alat dan bahan yang ada di rumah dengan hanya beberapa langkah saja.

Permukaan setrika gosong atau hangus memang sudah jadi masalah umum. Jika kamu sedang mengalami hal yang sama, simak cara membersihkan setrika gosong berikut ini, yuk.

1. Menggunakan Cuka

Setrika yang hangus atau gosong ternyata dapat bersihkan menggunakan cuka. Dilansir dari Healthline, cuka sendiri adalah cairan pembersih yang ramah lingkungan dan serbaguna. 

Caranya, panaskan cuka, lalu oleskan cuka pada bagian yang gosong dengan menggunakan kain, lalu gosok hingga bersih. Jika bagian yang gosongnya terlalu parah, kamu bisa mencampurnya dengan garam atau soda ya, Moms.

2. Deterjen Pencuci Pakaian

Cara membersihkan setrika gosong berikutnya adalah dengan deterjen pencuci pakaian. Bahan ini selain dapat membersihkan pakaian dari noda kotor, ternyata juga berfungsi mengatasi setrika hangus.

Caranya, larutkan deterjen sekitar dua tetes ke dalam air hangat. Kemudian, oleskan larutan tersebut pada bagian yang gosong menggunakan kain bersih, lalu gosok hingga bersih ya. 

3. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring juga dipercaya ampuh untuk membersihkan setrika gosong, lho. Caranya pengaplikasiannya pun terbilang sangat mudah.

Adapun caranya yaitu cukup larutkan sabun cuci piring dengan air, lalu oleskan pada bagian yang gosong menggunakan kapas. Gosok hingga noda gosongnya hilang. Setelah itu, keringkan menggunakan kain sebelum digunakan.

4. Semir Logam

Cara membersihkan setrika gosong yang terakhir adalah dengan memakai semir logam. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk membuat setrika kembali bersih dari noda gosong.

Caranya, oleskan beberapa larutan semir logam pada bagian yang gosong, lalu gosok, kemudian lap menggunakan kain sampai noda hilang, lap lagi menggunakan kain berbeda agar tak lembab.

Dengan adanya setrika, pakaian dapat dirapikan dan tak kusut hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita pun jadi lebih percaya diri karena memakai baju yang rapi kan, Moms. Inilah yang membuat setrika jadi salah satu barang penting dalam rumah.

Demikian beberapa cara membersihkan setrika gosong atau hangus yang bisa kamu aplikasikan. Selamat mencoba, Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.