Menu

Mudah Banget! Tenyata Begini Cara Bersihkan Kompor Dengan Baking Soda dan Cuka

24 November 2021 06:30 WIB

Baking Soda (Thegrobalasia/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tahu gak sih kalau ternyata dapur bisa menjadi sarang bakteri, lho. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang masih menyepelekan kebersihan dapur dan kompornya. Padahal benda-benda tersebut seringkali digunakan untuk memasak, ya?

Pastinya kita bisa membayangkan dong seberapa banyak bakteri dan kuman yang bersarang di sana kalau seseorang membiarkan dapurnya kotor. Padahal bakteri dan kuman itu bisa menimbulkan berbagai masalah penyakit.

Apalagi kita mengolah berbagai jenis masakan dan minuman di ruang tersebut untuk dikonsumsi sehari-hari. Tentu saja hal tersebut dapat membuat penyebaran bakteri penyebab penyakit akan lebih cepat berpindah melalui makanan dan minuman yang masuk ke mulut.

Karena itu, seseorang harus menjaga kebersihan dapurnya, termasuk kompornya meskipun enggak menempel langsung dengan makanan yang ingin dikonsumsi.

Namun, dalam membersihkan kompor sering kali seseorang menjumpai masalah kesulitan untuk menghilangkan noda dan minyak yang menempel. Hasilnya, beberapa orang mungkin malas atau menyerah untuk membersihkannya karena dirasa hal itu adalah tindakan yang sia-sia.

HiMedik melansir dari kknews.cc, padahal masih ada cara lain lho yang murah meriah untuk membersihkan kompor di dapur agar terlihat seperti baru lagi.

Kamu cukup menggunakan air hangat 200 ml yang dicampur cuka. Lalu gunakan kain bersih untuk membersihkan dan menggosok noda kompor dengan air campuran cuka tersebut, Moms.

Selain campuran air cuka, kamu juga bisa menggunakan campuran air hangat dan baking soda untuk membersihkan kompor agar tampak kinclong seperti baru.

Cara kedua ini juga sama praktisnya dengan langkah pertama, yakni dengan menggosok kompor menggunakan kain bersih dengan campuran air dan baking soda.

Bagi wanita yang enggak ingin tangannya terluka karena reaksi baking soda, bisa menggunakan sarung tangan saat membersihkan kompor menggunakan air campuran baking soda, ya.

Kedua cara tersebut ternyata telah terbukti ampuh untuk menghilangkan noda membandel serta minyak yang menempel pada kompor yang dapat menyebabkan bakteri penyebab penyakit bersarang. Selamat mencoba, Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan