Menu

Ternyata Ini Lho Efek Keramas Tanpa Sampo, Jangan Diulangi ya Beauty!

24 November 2021 18:00 WIB

ilustrasi wanita sedang keramas (freepik/torwaiphoto)

HerStory, Jakarta —

Rambut lepek pasti bikin kebanyakan orang ingin keramas deh. Tapi ternyata, kalau kamu memiliki masalah minyak berlebih pada kulit kepala, jangan sering-sering keramas ya, Beauty! Hal ini diyakini bisa menghilangkan kelembapan kulit kepalamu dan malah membuat produksi sebum semakin naik lho.

Untuk menghentikan siklus ini, penata rambut yang berbasis di New York City, Jenna Pitocco, menyarankan untuk melatih kulit kepala agar menghasilkan lebih sedikit minyak, sesuai dengan kebutuhan rambut saja.

Pitocco telah melakukan percobaan tunggal dan menemukan sebuah trik dan solusi. Pitocco membasahi rambutnya tanpa produk apapun dapat secara efektif mengangkat kotoran serta keringat dari kulit kepala tanpa menghilangkan kelembapannya. 

"Saya masih akan membuatnya basah, tetapi alih-alih mencucinya, saya akan menggosok kulit kepala saya dengan sangat baik. Itu masih akan menghancurkan semua kotoran, kotoran, minyak, dan segalanya, " kata Pitocco, dikutip AKURAT.CO pada Rabu, (17/11/2021). 

"Begitulah cara melatih kulit kepala untuk menghasilkan lebih sedikit minyak saat kamu ingin mencuci rambut lebih jarang," tambah Pitocco.

Pitocco menambahkan, seiring berjalannya waktu, kamu dapat memperpanjang waktu antara pembersihan dengan air tersebut saat melatih kulit kepala.

"Saya bahkan tidak perlu membasahi kulit kepala saya dan menggosoknya seperti dulu. Rambut dan kulit kepala saya tidak berminyak seperti dulu," ujarnya. 

Tentu saja, kamu tetap perlu keramas menggunakan sampo untuk benar-benar membersihkan kulit kepala dengan baik ya Beauty. Hanya waktunya saja berbeda, tergantung pada jenis rambut, lingkungan, dan gaya hidup. Tetapi perlu diketahui bahwa trik membilas gak dimaksudkan untuk bertahan selamanya.

Di sisi lain, dr Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology di New York City menegaskan bahwa mencuci kulit kepala tanpa sampo ternyata gak bisa diaplikasikan pada semua orang. Menurut Lamb, ada beberapa jenis rambut yang malah membutuhkan bahan pembersih yang ada di dalam sampo.

Sama seperti Lamb, dr Robert Dorin, ahli bedah transplantasi rambut di New York City mengatakan bahwa kulit kepala perlu dibersihkan dari minyak, keringat yang mengering, kotoran, dan sel kulit mati.

Mencuci rambut tanpa sampo, maka pembersihan kulit kepala bisa jadi gak maksimal dan malah meningkatkan risiko terkena infeksi jamur dan bakteri, hingga iritasi dan jerawat lho, Beauty. 

"Keramas dengan sampo mengandung bahan pembersih juga bisa membantu mengontrol dan mengobati masalah kulit kepala seperti eksim, psoriaris, dan ketombe. Tapi, tidak ada patokan kapan dan seberapa sering kamu harus keramas. Untuk sampo yang digunakan, sesuaikan dengan kondisi kulit kepala serta aktivitasmu," saran Dorin.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.