Menu

Waduh! Bukan Hanya Lemak, Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit

26 November 2021 21:25 WIB

Lemak perut yang membandel. (Unsplash/Ehimetalor Unuabona)

HerStory, Jakarta —

perut kembung adalah kondisi yang cukup menyebalkan karena mengarah ke perut buncit. Ini adalah kondisi yang bisa mengganggu aktivitasmu karena tak nyaman.

Ternyata wanita membutuhkan waktu 50 jam lebih lama untuk mengolah makanan di usus besar dibandingkan pria yang butuh 30 jam saja lho, Beauty.

Karena itu dilansir dari Metro UK, perut kita bisa membesar hingga 5 kali ukuran normalnya. Jadi, jangan khawatir ketika perut nampak lebih membesar atau buncit setelah makan.

Meski begitu, ada 4 jenis perut buncit atau lemak perut yang perlu kamu ketahui. Karena, bentuk perut yang kembung atau buncit bisa disebabkan oleh kondisi berbeda-beda.

1. Perut alkohol

Kebiasan minum alkohol ternyata bisa membuat perut buncit atau mengembang lebih besar lho, Beauty. Tapi, perut yang buncit akibat alkohol biasanya terlihat menonjol dari bagian atas hingga bawah diafragma.

2. Perut hormonal


Perut yang membuncit atau menonjol hanya di bagian bawah, terutama sekitar area panggul merupakan tanda lemak perut akibat ketakseimbangan hormon.

Kondisi ini bisa disebut PCOS yang menyebabkan perut bagian bawah memanjang dan jatuh ke bawah. Kondisi ini biasanya disertai penambahan berat badan yang gak jelas secara mendadak.

3. Stres perut

Perut yang membuncit di bagian atas atau tepat di bawah tulang rusuk, lalu akan membesar atau menonjol saat duduk bisa jadi itu tanda stres perut lho.

4. Perut mummy

Wanita yang baru saja melahirkan akan memiliki perut buncit atau menonjol di bagian bawah. Bedanya dengan perut hormonal, jenis perut buncit ini bisanya lebih jatuh rendah di bawah lingkar pinggang.

Kamu juga mungkin akan merasakan celah di antara otot perut bagian atas yang terasa kendur. Bahkan perut yang menonjol di bagian bawah ini juga terlihat lebih kendur daripada perut buncit akibat masalah hormonal.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.