Menu

6 Makanan dan Minuman yang Haram Dikonsumsi Sebelum Berolahraga, Bisa Fatal!

30 November 2021 11:15 WIB

Ilustrasi makan sebelum berolahraga. (Pinterst/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Mengonsumsi makanan dan minuman sebelum berolahraga memang bukanlah sesuatu yang buruk. Kendati begitu perlu diperhatikan jenisnya karena jika salah konsumsi bisa berakibat fatal bagi kesehatan. 

Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Sebab hidup sehat itu harus dan mendapatkan tubuh yang bagus adalah bonus. 

Agar olahraga yang dilakukan berjalan maksimal, tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan seimbang. Sayangnya, masih ada yang menyepelekan hal ini dengan alasan yang penting perut sudah terisi makanan. 

Dikutip dari berbagai sumber (30/11/2021), sederet makanan dan minuman ini sebaiknya dihindari sebelum berolahraga ya, Beauty. 

1. Makanan Tinggi Lemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, sekalipun lemak sehat tetapi dengan kandungan yang tinggi seperti pada alpukat atau keju bisa menganggu performa olahraga lantaran menyebabkan perut kembung

Bukan cuma menyebabkan perut kembung, pasalnya kandungan lemak yang tinggi lebih lambat diproses oleh tubuh untuk dijadikan sebagai energi ketimbang karbohidrat dan protein.

2. Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat tinggi memang cocok sebagai menu diet karena bisa memberikan kenyang lebih lama sehingga konsumsi makanan pun lebih terjaga. 

Tetapi apabila dikonsumsi sebelum berolahraga justru membuat perut menjadi tak nyaman karena kembung. Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat lebih lambat dicerna oleh tubuh. 

3. Jus Kemasan

Alih-alih merupakan minuman yang praktis, jus buah kemasan kurang baik dikonsumsi sebelum berolahraga. Hal ini dikarenakan jus buah kemasan mengandung gula yang tinggi. 

4. Makanan Pedas

Memang sejatinya senyawa capsaicin bisa membantu membakar kalori melalui keringat, tapi jika dikonsumsi sebelum berolahraga bisa berakibat fatal. 

Pasalnya makanan pedas dapat memicu refluks asam lambung.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang menyegarkan, tapi lain hal jika dikonsumsi sebelum berolahraga. Karena bisa membuat perut menjadi kembung dan sakit perut. 

Belum lagi minuman bersoda juga tinggi akan gula sehingga bisa membuat energi lebih cepat terkuras. 

6. Minuman Berenergi

Mengonsumsi minuman berenergi sebelum berolahraga merupakan pilihan yang buruk. Alih-alih ingin lebih berenergi sehingga performa olahraga bisa maksimal, minuman ini justru dapat memicu perasaan gelisah, meningkatkan detak jantung serta tekanan darah. 

Hal ini dikarenakan minuman berenergi juga mengandung kafein sebagai bahan utamanya.