Menu

Moms Harus Tahu, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kulkas Cepat Rusak Lho

30 November 2021 12:55 WIB

Ilustrasi gelas yang ditaruh di freezer. (Unsplash/Dev Benjamin)

HerStory, Jakarta —

Setiap rumah tangga pasti pelru kulkas untuk menjaga bahan makanannya awet dan segar. Selain itu, kulkas juga berguna untuk membuat makananmu tahan lama. 

Lalu apa jadinya kalau kulkas kesayangan malah cepat rusak? Coba perhatikan baik-baik deh Moms. Berikut ada 5 kebiasaan sepele yang ternyata bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Apa saja ya?

1. Menyimpan makanan panas di kulkas

Kita mungkin terkadang merasa tak ada yang salah dengan memasukkan makanan yang hangat atau malah masih panas ke dalam kulkas. Tapi kebiasaan ini sebenarnya tak baik lho Moms karena membuat kulkas bekerja lebih keras untuk cepat-cepat menurunkan suhu makanan.

Kebiasaan ini juga mempengaruhi kualitas makanan karena mempercepat perpindahan bakteri antar makanan. Nutrisi yang terkandung pun jadi cepat hilang.

2. Tak menutup makanan dengan rapat

Bau makanan akan menyebar ke seluruh isi kulkas. Lagi-lagi, mesin kulkas jadi harus bekerja ekstra untuk menetralkannya. Lama-kelamaan fungsi pengaturan suhu  kulkas bisa jadi menurun lho.

3. Posisi kulkas dekat dengan benda panas

Terkadang kulkas ditaruh di dekat kompor atau oven. Maksudnya mungkin biar praktis kalau mau mengambil bahan makanan untuk memasak. Padahal panas yang dihasilkan kompor atau oven tersebut bisa merusak kulkas. Hati-hati lho Moms!

4. Tak menutup pintu kulkas dengan rapat

Kita mungkin sering menutup kulkas begitu saja saat terburu-buru, tanpa menyadari kalau pintu kulkas jadi tak tertutup rapat. Akibatnya, udara dingin di dalam kulkas akan keluar dan membuat mesin bekerja lebih keras untuk mempertahankan kestabilan suhu. Hal inilah juga bisa membuat kulkas cepat rusak.

5. Jarang membersihkan kulkas

Ada kipas yang menjadi sumber tenaga pada bagian belakang kulkas. Kipas tersebut rawan tertimbun kotoran seperti debu yang ternyata bisa menurunkan kinerja mesin kulkas. Jangan lupa untuk bersihkan secara rutin agar kulkas lebih awet ya. Bunga es yang ada di dalam kulkas pun perlu dibersihkan secara berkala lho Moms.

Nah itu dia cara untuk merawat kulkas, selamat mencoba Moms!

Lihat Sumber Artikel di Dewiku.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Dewiku.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.