Menu

Wajib Ditiru, 6 Cara Ini Efektif Membersihkan Paru-paru bagi Si Perokok Pasif!

30 November 2021 20:45 WIB

Ilustrasi paru-paru yang sehat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Meskipun tak merokok, sebagai perokok pasif tentunya masih berisiko terhadap gangguan kesehatan paru-paru. Maka dari itu sangat penting untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok. 

Tak menutup kemungkinan risiko perokok aktif juga bisa berdampak pada perokok pasif meski hanya menghirup asapnya dengan intensitas yang rendah. 

Pasalnya, zat-zat dalam rokok melalui asap tersebut tetap bisa masuk ke dalam tubuh. 

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (30/11/2021), berikut 6 cara efektif yang wajib ditiru untuk membersihkan paru bagi si perokok pasif 

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu manfaatnya adalah bagi kesehatan paru dengan meningkatkan sirkulasi udara sehingga lebih efisien menghilangkan karbondioksida.

2. Mencukupi Asupan Antioksidan

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan peradangan salah satunya dari asap rokok.

Dengan mencukupkan asupan antioksidan setidaknya mampu meminimalkan dampak masalah kesehatan paru dan membersihkan paru dari asap rokok.

Beauty bisa dengan mudah mendapatkan antioksidan dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, teh hijau, ceri, stroberi dan apel. 

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Pemicu kotornya paru-paru enggak cuma disebabkan oleh kepulan asap rokok. Melainkan juga dari debu dari lingkungan sekitar rumah. 

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah guna mencegah penumpukan debu pada paru sehingga kesehatan paru pun bisa terjaga.

4. Konsumsi Air Putih

Selain membantu cairan tubuh terpenuhi, dengan rutin minum air putih yang cukup bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan zat kimia yang terdapat dari paru-paru. 

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Beauty bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, ya!

5. Melatih Pernapasan

Salah satu teknik ini berguna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru supaya kesehatan paru bisa terjaga sekaligus membersihkan paru. 

Caranya dengan rutin tarik napas dan menahannya selama 2 atau 3 detik setiap pagi lalu hembuskan sampai udara benar-benar habis. 

6. Menaruh Tanaman di Rumah

Bukan cuma mempercantik rumah, hadirnya tanaman bisa berfungsi untuk kesehatan paru-paru juga lho. Terlebih dalam hal membersihkan paru-paru bagi perokok pasif. 

Hal ini dikarenakan tumbuhan tersebut bisa menghasilkan oksigen yang tentunya dibutuhkan manusia sekaligus menyaring racun di udara. 

Namun hal yang harus diperhatikan adalah pastikan tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari ya Moms meskipun ditaruh di dalam rumah.  

Artikel Pilihan