Menu

Hati-hati, 4 Jenis Kanker Ini Bisa Memicu Timbulnya Jerawat

01 Desember 2021 11:15 WIB

Ilustrasi wajah dengan masalah jerawat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat normal terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia maupun gender. Meski begitu bukan berarti kita bisa membiarkannya begitu saja, pasalnya terdapat beberapa jenis kanker yang menimbulkan jerawat. 

Kondisi tersebut tentunya enggak bisa disepelekan ya, Beauty. Apabila jerawat tak kunjung mereda meski sudah melakukan perawatan terbaik dibarengi gaya hidup sehat, sebaiknya segera konsultasikan bersama dokter spesialis kulit. 

Peningkatan hormon androgen menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat karena kanker. 

Lantas jenis kanker apa saja yang bisa memicu jerawat? Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber (01/12/2021), berikut diantaranya. 

1. Kanker Kulit

Berdasarkan sebuah penelitian dari jurnal Cancer oleh Allure mengatakan, wanita yang saat remaja memiliki masalah jerawat rentan mengalami kanker kulit sebesar 44 persen ketika dewasa.

2. Kanker Ovarium

Pasien kanker ovarium tak menutup kemungkinan akan mengalami masalah jerawat. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon testosteron dalam tubuh. 

3. Kanker Prostat

Sebuah penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara kanker prostat dengan bakteri propionibacterium acnes. Tak cuma menimbulkan jerawat, bakteri ini juga memicu infeksi di tulang, mulut, persendian, mata dan otak. 

4. Kanker Payudara

Pada penderita kanker payudara rupanya ditemukan peningkatan hormon testosteron dan estrogen yang meningkatkan risiko timbulnya jerawat. 

Share Artikel:

Oleh: Shilvia Restu Dwicahyani