Menu

8 Tips Jaga Rumah Selalu Rapi dan Bersih

03 Desember 2021 19:15 WIB

Ilustrasi seorang wanita dengan setrika uap dan setumpuk pakaian. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Kadang memang malas banget ya, Moms untuk membersihkan rumah. Alhasil, rumah jadi gak rapi dan terlihat berantakan. Tapi ternyata ada kebiasaan kecil yang bisa mengubah penampakan rumahmu lho. Yuk gulir terus kebawah!

1. Langsung rapikan tempat tidur

Nah, kebiasaan untuk langsunge merapikan tempat tidur ini selain bisa membuat hidupmu teratur juga bisa jadi permulaan hari yang sempurna lho. jangan lupa juga untuk ganti sperai sebanyak seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya ya!

2. Langsung cuci peralatan makan setelah dipakai

Kebiasaan simple ini juga bisa diterapkan agar rumahmu selalu terlihat rapi, Moms. Jangan biarkan ada tumpukan piring kotor yang menumpuk ya, nanti bisa semakin malas untuk membersihkannya.

3. Bersihkan meja setelah selesai masak

Meja yang kotor tuh memang ganggu mata banget deh. Terus, bisa ngundang banyak serangga, tikus, dan kecoa yang bisa bikin terlihat semakin buruk dan jorok. Untuk memulai, kamu bisa singkirkan sisa makanan di dapur agar lebih enak dipandang ya Moms.

4. Bersihkan wastafel

Percikan pasta gigi atau obat kumur yang ada di wastafel bisa menimbulkan kerak lho Moms kalau gak langsung dibersihkan. Ada baiknya kalau kamu langsung membersihkan wastafel sehabis dipakai ya.

5. Buang kertas gak penting

Pasti banyak deh kertas katalog, koran, bahkan bon yang gak sengaja tersimpan dan terbawa sampai rumh. Nah biar terlihat bersih dan gak ada sampah, kamu bisa mulai membuang barang-barang gak terpakai ini ya Moms agar rumah terlihat rapi.

6. Gunakan keset

Yang ini sangat penting lho Moms, jangan sampai kamu membawa masuk kotoran dari luar rumah ya!

7. Rutinitas shutdown dapur

Nah, rutinitas yang satu ini biasanya dilakukan di malam hari setelah selesai digunakan. Selain bisa mengurangi beban kerjaan untuk esok hari, kamu juga bisa mencegan datangnya tikus dan kecoa lho.

8. Rutin bersihkan dapur

Jangan sampai nunggu kotor baru berishkan dapur ya Moms. Biasanya hal itu akan terasa lebih berat dan akan jadi pekerjaan yang melelahkan.

Nah, itu dia cara untuk mencegah rasa malas merapikan rumah dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan secara rutin. Selamat mencoba Moms!