Menu

Tips Jitu Luruhkan Lemak Perut dalam Sebulan, Nyesel Kalau Gak Dicoba!

06 Desember 2021 08:21 WIB

Ilustrasi perut buncit. (thefast800.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu punya masalah dengan perut buncit?

Ya, perut yang buncit dan bergelambir menjadi musuh utama semua orang, terutama kaum hawa.

Parahnya, gak cuma memperburuk penampilan, perut buncit juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lainnya lho.

Karenanya, penting buat kamu nih Beauty untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit .

Dikutip dari Popsugar, ahli gizi sekaligus pelatih kebugaran tersertifikasi ACSM, Jim White, mengatakan, kita bisa lho menurunkan berat badan 0,5-1 kg dalam seminggu. Sehingga dalam sebulan, lemak yang luntur bisa hingga 1,8-3,6 kg. Wow!

Pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios itu juga bilang, karena 0,5 kg sama dengan 3.500 kalori, maka untuk menurunkan 1 kg dalam seminggu, kita perlu membakar ekstra 500 kalori per harinya.

Untuk mencapai target tersebut, tentunya gak instan ya Beuty. Kamu perlu melakukan sejumlah strategi, mulai dari menerapkan kalori defisit, berolahraga untuk membakar kalori lebih, hingga memperbaiki faktor gaya hidup lain, seperti menghindari stres dan istirahat yang cukup.

Jim juga bilang, dalam 30 hari, kamu juga bisa mengurangi beberapa inci ukuran tubuh lho. Tapi, ingatlah bahwa 5-10 inci itu bukan hanya dari perut, namun ukuran seluruh tubuh dari semua area utama, termasuk pinggang, pinggul, dada, lengan, kaki, bahu, dan leher.

Lantas bagaimana cara menghilangkan lemak perut yang efektif dalam sebulan? Simak ulasannya di bawah ini Beauty!

1. Jauhi makanan dan minuman manis

Sudah bukan rahasia lagi kalau penyebab utama lemak di perut adalah makanan dan minuman manis. Karena itu, kamu sebaiknya konsisten untui menjauhi kedua makanan itu Beauty. Karena konsumsi gula berlebih dapat menjadi penyebab utama kelebihan lemak di perut dan hati.

2. Olahraga rutin

Ini penting banget dilakukan, Beauty! Jim menyarankan, kamu melakukan kardio selama 30-60 menit, dalam 3 hingga 5 hari seminggu. Membakar sekitar 500 kalori sehari dapat dicapai melalui latihan kardio, makan dalam jumlah kalori lebih sedikit dan lebih banyak jalan.

Ia juga menyarankan latihan kekuatan 2 sampai 4hari seminggu. Kata dia, latihan kekuatan gak cuma dapat membakar kalori, tetapi juga membantu membangun otot tanpa lemak, yang akan membakar lebih banyak kalori pada saat istirahat lho Beauty.

3. Makan lebih sedikit karbohidrat

Yang harus jadi catatan, usahakan karbohidrat yang dibatasi adalah karbohidrat olahan, seperti gula, permen, dan roti putih ya Beauty. Karena ini dianggap sudah cukup untuk membantu mengurangi lemak perut, terutama jika kamu menjaga asupan protein tetap tinggi.

4. Makan lebih banyak protein

Cara selanjutnya untuk menghilangkan lemak perut dengan makan lebih banyak protein. Dikatakan Jim, mengonsumsi banyak protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi tingkat kelaparan.

5. Konsumsi makanan tinggi serat

Yang gak kalah penting, konsumsilah makanan tinggi serat, Beauty. Sejumlah riset juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat larut dapat menjadi cara menghilangkan lemak perut.

Nah, cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan makan banyak makanan nabati, termasuk sayur dan buah. Kacang polong dan beberapa jenis sereal, seperti gandum utuh, juga merupakan sumber serat yang baik.

6. Mencatat asupan kalori

Untuk kalori defisit, Jim merekomendasikan makan 500 kalori lebih sedikit dari total pengeluaran energi harian (TDEE). TDEE adalah jumlah kalori yang kita bakar dalam sehari, yang didasarkan pada faktor-faktor seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.

Untuk mendapatkan angkanya, ada banyak kalkulator TDEE online yang bisa kamu gunakan. Namun, pastikan kalori yang kamu konsumsi gak kurang dari 1.200 kalori untuk wanita.

Kata Jim, gak perlu juga sih mencatat setiap makanan yang kamu makan. Tapi, kamu bisa melakukan strategi, seperti menargetkan asupan protein 25-30 persen atau memangkas sumber karbohidrat tak sehat.

Nah Beauty, itulah cara mengurangi lemak perut yang efektif dalam sebulan. Selamat mencobamuya ya!