Menu

Beauty Wajib Tahu, Ini Lho Produk Penyelamat Kulit Berminyak, Catat Ya!

06 Desember 2021 19:15 WIB

Ilustasi wanita memakai kertas minyak wajah atau Blotting paper (istockphoto/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebenarnya, sebum itu sangat penting lho untuk menjaga kestabilan kulit dan menjaganya tetap sehat. Tapi, kalau kelebihan sebum juga ternyata gak baik karena bisa menyumbat pori-pori sehinggan bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan wajah kusam lho.

Kamu mungkin akan mencoba melakukan berbagai cara untuk menyingkirkan sebum ini. Sayangnya, kulit berminyak umumnya diwariskan atau hasil dari hormon. Kamu tak dapat mengontrol gen dan hormon dalam tubuhmu. Untuk menjaga kulitmu tetap sehat, kamu hanya bisa melakukan perawatan yang tepat, dari luar maupun dalam tubuhmu. 

Namun, jika kamu membutuhkan cara cepat untuk mengatasi kulit berminyak, terutama di saat-saat genting, berikut AKURAT.CO uraikan caranya, Kamis (14/10/2021): 

Blotting papers

Blotting papers atau yang lebih dikenal sebagai kertas minyak bisa dikatakan sebagai penyelamat kulit berminyak. Kertas minyak dapat langsung menyerap kelebihan sebum pada epidermis (permukaan paling atas) kulit, dan memberikan wajah tampilan yang lebih matte. Jika sedang berada di acara penting dan tak sempat mencuci muka, kamu bisa mengandalkan kertas minyak lho.

Ingat, kertas minyak tak akan mengontrol produksi sebum di kulit, tetapi hanya berfungsi mengangkat minyak berlebih dari permukaan kulit ya. 

Bedak tabur 

Memakai foundation atau enggak, kamu biasanya tetap membutuhkan bedak tabur untuk membantu menjaga wajahmu bebas kilap lebih lama. Kamu bisa memakai bedak tabur usai mengoleskan pelembap dan tabir surya. Pilihlah bedak tabur yang memiliki puff agar lebih mudah digunakan digunakan kembali sepanjang hari ya Beauty.

Itulah dua cara sederhana dan praktis untuk mengatasi kulit berminyak kamu. 

Merawat kulit berminyak mungkin tampak seperti perjuangan setiap hari sampai kamu menemukan perawatan dan produk yang tepat. Yang terpenting, gunakan produk (skincare dan makeup) yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, dan lakukan perawatan wajah dengan rutin. Selain itu, rawatlah kulitmu dari dalam, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, mencukupi kebutuhan air putih, olahraga, tidur yang cukup dan mengelola stres.

Kadang-kadang bisa memakan waktu satu atau dua bulan sampai kamu melihat ada perbaikan besar. Kalau sudah mencoba berbagai cara dan gak berhasil, atau kulitmu semakin bermasalah, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari dokter kulit ya Beauty. Selamat mencoba! 

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan