Menu

Waduh, Hati-hati Ya! Ternyata 5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Rusak Kulitmu Lho

06 Desember 2021 19:35 WIB

Ilustrasi wanita bangun di pagi hari (Daily Mail/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty tau gak sih kalau ternyata walaupun perawatan kulitmu sudah benar dan sempurna, tapi ternyata kebiasaan yang mungkin kamu gak sadari pada pagi hari bisa saja merusak kulitmu lho. Hal ini bisa menyebabkan muncul jerawat hingga penuaan dini! Penasaran gak apa saja? Yuk gulir kebawah. 

Jika merasa kulitmu tetap tampak kusam meski sudah melakukan rutinitas perawatan yang baik, mungkin kamu selalu melakukan kesalahan ini di pagi hari, dilansir AKURAT.CO dari Bright Side pada Rabu (1/12/2021): 

Makan oatmeal untuk sarapan setiap hari

Makan semangkuk oatmeal untuk sarapan adalah cara yang lezat dan sehat untuk memulai hari. Tetapi jika memakannya setiap hari, kamu mungkin secara gak sengaja membahayakan tubuh dan kulitmu. Ketika terlalu sering makan oatmeal, kamu menghilangkan nutrisi penting lainnya dari tubuh. Pada gilirannya kondisi ini dapat menyebabkan kekurangan gizi sehingga kulit  menjadi kering dan bersisik. 

Mandi terlalu lama dengan air hangat

Mandi air hangat dengan durasi panjang adalah cara yang bagus untuk bangun di pagi hari, terutama saat cuaca dingin. Tapi melakukannya setiap hari bisa menyabotase tujuan kesehatan kulit. Air panas merusak lapisan pelindung kulit yang mengunci kelembapan yang sangat dibutuhkan, sehingga mempercepat proses penuaan. Dan, kalau mencuci muka dengan air hangat di pagi hari, itu akan  merusak kapiler di wajah karena menyebabkannya melebar.

Langsung minum kopi di pagi hari

Menikmati kopi di pagi hari, gak hanya enak tapi juga bermanfaat untuk kulit.  Tetapi jika meminumnya setiap hari bahkan sebelum sarapan, kamu mungkin akan membuat kulitmu gak sehat.  Kopi memiliki sifat diuretik kuat, yang berarti dapat menyebabkan kamu menjadi sedikit dehidrasi. Ini, pada gilirannya, akan membuat racun lebih sulit untuk keluar dari tubuh melalui kulit sehingga lebih rentan terhadap kerutan dini.

Mengoleskan tabir surya hanya saat berada di luar ruangan

Tabir surya membantu melindungi kulit saat berada di luar, tetapi kamu perlu menggunakannya setiap hari bahkan saat berada di dalam ruangan. Ini sangat penting untuk mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. 

Meskipun kaca yang digunakan di mobil, rumah, dan jendela kantor menghalangi sebagian besar sinar UVB, namun tetap gak melindungi kulit dari sinar UVA yang berbahaya. Jadi, bahkan jika kamu bekerja di kantor sepanjang hari dan gak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, tetap gunakan  tabir surya untuk membantu kulitmu awet muda lebih lama.

Menggunakan pencuci muka yang gak tepat

Kalau kamu pernah memperhatikan bahwa wajah terlihat berminyak saat bangun dari tidur, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk itu lho. Tubuh kehilangan air di malam hari, dan sebagai cara untuk mencegah dehidrasi, kulit mulai memproduksi lebih banyak sebum. Inilah yang menyebabkan kamu bangun dengan wajah berminyak. Namun jika gak tahan dengan minyak dan ingin wajah kamu terlihat matte, jangan gunakan pembersih dengan formula yang keras. Sebaiknya cuci muka dengan pembersih yang lembut dan oleskan pelembap yang sesuai kondisi kulit ya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.