Menu

Waduh, Begadang Ternyata Bawa 5 Dampak Buruk Ini dan Salah Satunya Obesitas Lho!

07 Desember 2021 15:45 WIB

Kebiasaan buruk begadang ternyata membahayakan bagi wanita. (Unsplash)

HerStory, Jakarta —

Begadang sepertinya sudah menjadi budaya bagi beberapa orang karena berbagai aktivitas terkadang membuat seseoarang terpaksa harus begadang. Biasanya orang akan begadang karena tuntutan pekerjaan, kegiatan sekolah, maupun aktivitas-aktivitas lainnya. Tapi, gak jarang juga lho orang yang begadang untuk melakukan hal-hal yang kurang penting dan tentunya itu sangat disayangkan karena mempunyai dampak yang gak bagus untuk kesehatan.

Merangkum dari halodoc, berikut 5 dampak buruk bagi kesehatan akibat terlalu sering begadang.

1. Sulit konsentrasi

Tidur dapat membantu tubuh mengistirahatkan otak dan saraf agar dapat kembali bekerja dengan maksimal setelah beristirahat. Kalau begadang dan sulit tidur, maka kerja otak dan saraf jadi gak maksimal.

Hal tersebut menyebabkan kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Tentu hal ini akan berdampak buruk karena dapat mengganggu aktivitas belajar dan menurunkan produktifitas dalam bekerja.

2. Gairah seksual menurun

Kurang tidur dapat membuat tubuh kekurangan energi dan tenaga untuk melakukan aktivitas. Ditambah lagi dengan rasa kantuk yang membuat malas beraktivitas membuat libido dan gairah untuk berhubungan seksual menjadi turun. Gak hanya berhubungan seksual, melakukan aktivitas sehari-hari juga menjadi gak bersemangat lho.

3. Memicu obesitas

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan fungsi hormon yang mengatur rasa kenyang dan rasa lapar. Jika kurang tidur, maka fungsi hormon tersebut dapat terganggu sehingga tubuh selalu merasa lapar. Kondisi inilah yang memicu aktivitas makan berlebih dan gak terkendali yang dapat menyebabkan obesitas.

4. Menurunkan produksi hormon

Dampak buruk bagi kesehatan lainnya dari begadang adalah menurunnya produksi hormon. Kurang tidur dapat menurunkan produksi hormon khususnya hormon pertumbuhan dan hormon testosteron. Hal ini dapat menyebabkan mudah lelah, kurangnya massa otot, hingga kerapuhan tulang.

5. Munculnya penyakit serius

Terakhir adalah munculnya penyakit serius sebagai dampak buruk dari begadang. Sebab, begadang memang gak hanya menyebabkan masalah ringan, tapi juga dapat menimbulkan penyakit serius seperti diabetes, stroke, hingga penyakit jantung lho Beauty.

Itulah 5 dampak buruk begadang bagi kesehatan. Kita boleh begadang tapi seperlunya saja, jangan sampai kesehatan tubuh dipertaruhkan ya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.