Menu

Diabetesi Merapat! Ini 7 Tips Kencan Sederhana untuk Penderita Diabetes

07 Desember 2021 12:52 WIB

Ilustrasi pasangan berkencan (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, ketika kita memiliki penyakit kronis seperti diabetes, berkencan sepertinya menjadi sesuatu yang lebih rumit. Kamu merasakannya?

Namun, itu bukan berarti bahwa kamu gak dapat berkencan dengan sukses lho. Dikutip HerStory dari Healthline, Selasa (7/12/2021), berikut adalah beberapa tips kencan untuk kamu penderita diabetes. Yuk simak!

1. Berkencan dengan seseorang dengan diabetes

Jika kamu khawatir calon pasanganmu tak akan memahami diabetes yang diidapmu, carilah calon pasangan dalam komunitas diabetes.

Berkencan dengan seseorang yang tahu persis bagaimana rasanya hidup dengan naik turunnya kadar gula darah bisa sangat melegakan.

2. Jujur

Terserah apakah kamu ingin berterus terang tentang diabetes ke orang yang kamu kencani. Dan kamu tentu tak berkewajiban untuk mengungkapkan kondisimu itu saat kencan pertama.

Tetapi, begitu kamu merasa telah menjalin hubungan, kejujuran memang memiliki beberapa keuntungan. Kamu tidak perlu menyembunyikan pemeriksaan gula darah saat makan, dan kamu tak akan takut untuk memberi tahu orang tersebut jika, misalnya, gula darahmu turun saat kamu berkencan dan kamu pun perlu makan sesuatu.

Meskipun berita tentang penyakit kamu ini mungkin membuat beberapa orang kecewa, setidaknya kamu tidak akan membuang waktu untuk maju dengan hubungan yang tidak akan pernah pergi ke mana pun.

3. Jangan mengungkapkan terlalu banyak sekaligus

Kejujuran itu bagus, tetapi kamu tak harus memberikan ‘disertasi’ lengkap tentang diabetes selama kencan pertamamu, Beauty. Saat memberi tahu orang lain tentang kondisimu, berhati-hatilah dengan detailnya sampai kamu dapat mengukur respons mereka.

Jika mereka mengajukan banyak pertanyaan, berikan lebih banyak detail. Jika mereka tampak kewalahan, lanjutkan lebih lambat.

4. Jangan melulu bahas diabetes!

Berusaha terbuka tentang kondisimu memang bagus, tetapi jangan terus memikirkannya. Gak perlu kan mengingatkan teman kencanmu setiap lima menit bahwa kamu menderita diabetes, atau bahwa gula darahmu tak terkendali, atau bahwa tanganmu kesemutan karena kamu mengalami kerusakan saraf dapat menyebabkan mereka kehilangan minat. So, bagikan detail tentang diabetesmu hanya jika diperlukan.

5. Jaga agar tetap ringan

Diabetes adalah kondisi serius, terutama jika kamu mengalami komplikasi seperti kerusakan saraf dan masalah penglihatan.

Tetapi kamu tentu gak ingin membuat teman kencanmu khawatir dengan membicarakan hal-hal itu. Cobalah untuk menjaga percakapan tetap ringan. Jika kamu dapat belajar menertawakan situasimu dari waktu ke waktu, kamu akan memiliki pengalaman yang jauh lebih menyenangkan.

6. Ekspresikan kebutuhanmu

Diabetes gak akan hilang hanya karena kamu pergi ke konser, atau makan di restoran. Jika suatu aktivitas terlalu berat untuk kamu tangani dan kamu perlu istirahat, beri tahu teman kencanmu Beauty!

Diskusikan restoran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tempat yang hanya menyajikan makanan yang digoreng atau yang memiliki menu khusus tetap mungkin tak sesuai dengan kebutuhan diet kamu.

7. Persiapkan kencanmu, Beauty!

Berkencan dengan diabetes membutuhkan sedikit perencanaan ekstra. Jika kamu akan melakukan sesuatu yang aktif seperti hiking saat berkencan, bawalah permen, jus, atau karbohidrat cepat lainnya untuk berjaga-jaga jika gula darahmu turun.

Selanjutnya, mengelola asupan karbohidrat adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan saat mengelola diabetes, tetapi jangan biarkan hal ini mengecilkan hati saat mencoba restoran baru. Lihat menu sebelumnya dan perhatikan porsi karbohidratmu ya.

Nikmati salad sebagai hidangan pembuka dan pesan hidangan utama yang mengandung protein tanpa lemak dan banyak sayuran. Ini dapat membantu mencegah makan terlalu banyak karbohidrat dalam sekali makan, yang dapat menyebabkan masalah gula darah.

Selamat bersenang-senang!

Artikel Pilihan