Menu

Sudah Menjelang Tahun Baru Nih Moms, Yuk Cari Tahu Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Selama Liburan

07 Desember 2021 22:45 WIB

Suasana liburan di pantai. (Unsplash)

HerStory, Jakarta —

Sudah menjelang akhir tahun dan natal nih Moms, apa ada rencana untuk berlibur ke kampung halaman? Nah, apalagi beberapa persyaratan perjalanan untuk ke luar provinsi, juga sudah mudah dan terjangkau untuk dilakukan masyarakat luas.

Oleh karena itu, orang-orang sudah mulai berlibur ke luar kota, demi menghabiskan cuti tahunan sembari menikmati diskon penginapan di masa low seasons.

Demi menikmati cuti tahunan dan low seasons dengan berlibur, kamu harus tetap menjaga keamanan rumah selama pergi berlibur lho.

Berikut cara menjaga rumah selama liburan, yang dilansir Akurat.co dari laman Reader's Digest.

Bersihkan dahulu

Meski membersihkan rumah bisa dilakukan nanti, sebenarnya hal ini sangat bermanfaat ketika pulang dari berlibur.

Membersihkan cucian kotor, membuang makanan yang busuk dalam waktu dekat, mengecek saluran wc dan listrik serta membuang sampah merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum pergi berlibur. Saat pulang, kamu akan mendapati rumah yang lebih bersih tentunya.

Bayar tagihan dulu

Jika kamu tak membayar tagihan listrik, air serta gas secara online, sebaiknya pembayaran tagihan-tagihan tersebut sudah diselesaikan sebelum pergi berlibur.

"Aku tidak begitu menyarankan untuk melakukan log in ke akun bank atau kartu kredit, ketika menggunakan Wifi untuk tempat umum," ujar Traveller Expert, Patti Reddi yang dikutip pada Minggu, (10/10).

Mengabarkan keluarga dan teman

Beberapa orang mungkin berlibur untuk menghindari keluarga atau teman. Namun, usahakanlah untuk tetap mengabarkan beberapa teman atau keluarga untuk alasan keamanan rumah ya.

Dengan begitu, kalau ada kejadian yang tak diinginkan selama perjalanan liburanmu, maka akan mudah meminta tolong keluarga atau teman dekatmu.

Menyimpan barang berharga di tempat aman

Ketika pergi berlibur, jangan lupa untuk menyimpan barang-barang dan dokumen berharga di tempat yang aman, seperti brankas di tempat tersembunyi yang tinggi. Agar terhindar dari pencuri dan banjir ya Moms.

Jangan menyimpan kunci cadangan sembarangan

Jangan menyimpan kunci cadangan rumah di sembarang tempat. Kunci cadangan yang disimpan di bawah keset, pot rumput atau rak sepatu, untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah ketika kamu sedang pergi berlibur, adalah tindakan yang bisa ditebak.

Kamu bisa menitipkan seluruh kunci cadangan kepada keluarga atau tetangga sebelah rumah, yang sudah kamu percayai. Itu jauh lebih aman.

Nah, itu dia tips menjaga rumah agar tetap aman selama berlibur akhir tahun. Selamat berlibur Moms!

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.