Menu

Kenalan Sama Sonoma Diet Yuk, Katanya Bisa Kurus Dalam 10 Hari

08 Desember 2021 20:15 WIB

Ilustrasi makanan diet. (Unsplash/Brooke Lark)

HerStory, Jakarta —

Diet sonoma adalah program diet yang mengandalkan nutrisi utuh dari makanan. Diet ini berfokus pada makanan yang sehat dan juga mengontrol asupan untuk menurunkan berat badan hanya dalam 10 hari. Sebenarnya, diet sonoma ini hampir sama intinya dengan diet mediteranian.

Diet sonoma dirancang oleh Connie Guttersen, seorang ahli gizi sekaligus penulis dua buku 'The Sonoma Diet' yang diterbitkan pada tahun 2005 dan 'The New Sonoma Diet' yang diterbitkan pada 2011.

Diet ini diklaim membantu kamu untuk menghentikan kecanduan makan makanan yang mengandung gula tinggi, karena diet ini mengajarimu memuaskan hasrat makan dengan makanan sehat.

Diet sonoma dinamai menurut wilayah daerah di negara bagian California, Amerika Serikat yang berfokus pada "makanan bertenaga" seperti minyak zaitun, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran segar, ikan, unggas, kacang-kacangan dan polong-polongan. Selain pola makan yang sehat, pola makan juga berfokus pada pengendalian porsi.

Selama diet, kamu hanya akan makan sepuluh makanan bertenaga yaitu blueberry, stroberi, anggur, bayam, paprika, brokoli, biji-bijian, tomat, minyak zaitun dan kacang almond. Makanan ini kaya serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat sehingga kamu gampang kenyang tapi nutrisi tubuh tentunya akan tetap terpenuhi.

Selain itu, diet ini mendorong kamu untuk makan tiga kali sehari dibarengi dengan camilan sehat. Namun, camilan sehat ini hanya bisa dimakan di antara waktu makan seperti jam 10 pagi (antara sarapan dan makan siang) dan  jam 4 sore (di antara makan siang dan malam) dengan porsi terbatas.

Mengutip Boldsky, tujuan dari diet ini adalah untuk membuat kamu merasa kenyang sambil makan makanan sehat dalam porsi kecil untuk mendorong penurunan berat badan.

Diet Sonoma terstruktur dalam tiga fase yang disebut gelombang yaitu gelombang pertama berlangsung selama 10 hari dan merupakan fase paling ketat; gelombang kedua memungkinkan kamu mencapai bobot ideal dan gelombang ketiga berfokus pada mempertahankan bobot tersebut.

Nah, sebelum kamu melakukan diet sonoma ini, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli gizi ya Beauty. Karena diet ini diharuskan mengonsumsi anggur, yang dikenal tak baik untuk lambung karena bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.