Menu

WOW! 3 Makanan Ini Bisa Hambat Penuaan Lho...

09 Desember 2021 08:55 WIB

Ilustrasi pasien kanker (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang pasti mengalami penuaan, tapi beberapa orang sering kali mengalami proses penuaan lebih cepat dibanding yang lainnya. Biasanya penuaan dini dipicu karena beberapa faktor yaitu polusi, alkohol, stres, merokok, dan juga pola makan.

Pola makan yang tinggi akan makanan olahan, gula dan lemak jenuh, dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Menurut studi dari Obesity Reviews, obesitas dapat mempercepat proses penuaan dengan cara memperpendek panjang telomer, bagian paling ujung dari DNA.

Sebaliknya, penerapan pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, sekaligus memperlambat proses penuaan. 

Tak hanya itu, pola makan sehat juga bisa menunda munculnya tanda penuaan dini dan penurunan kognitif terkait usia.

Ada beberapa makanan yang diketahui dapat membantu memperlambat proses penuaan dan kemunculan tanda penuaan, ketika seseorang memasuki usia 50 tahun. 

Berikut ini adalah tiga makanan di antaranya yang mudah kamu dapatkan, seperti dilansir Akurat.co dari laman Times Now News. 

Sayuran berdaun hijau

Sayur berdaun hijau seperti bayam dan kale merupakan jenis sayuran yang kaya akan protein, vitamin esensial, kalsium, lemak sehat, antioksidan, dan rendah kalori. Kandungan ini dapat membantu menunjang kesehatan tubuh, bila dikonsumsi secara rutin.

Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang seperti almond, kenari, mede dan kacang brasil dikenal sebagai makanan yang sangat sehat, untuk dikonsumsi dari berbagai kelompok usia. 

Untuk orang yang berusia 50 tahun ke atas, konsumsi kacang yang kaya akan protein, vitamin, antioksidan dan lemak sehat dapat membantu mengelola kadar gula darah, sekaligus menunjang penurunan berat badan, yang bisa membuat umur menjadi panjang.

Alpukat

Buah nan lezat ini diketahui mengandung vitamin B, vitamin C, folat, lemak sehat, magnesium, antioksidan dan beta karoten. Di sisi lain, alpukat juga diperkaya dengan sifat antipenuaan yang dapat mencegah penurunan kognitif setelah seseorang berusia 50 tahun. 

Alpukat juga dapat membantu menunda kemunculan tanda penuaan, dengan cara memperbaiki elastisitas kulit.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan