Menu

Anti Kalap! 6 Tips Cegah Diet Gagal saat Natal

10 Desember 2021 17:05 WIB

Kue Jahe. (Freepik/senlvpetro)

HerStory, Jakarta —

Saat perayaan natal, biasanya orang gak sadar lagi tentang dietnya karena terlalu fokus dengan hidanganan yang disajikan. Tiba-tiba di hari setelahnya pasti akan merasa gemukan karena banyaknya kalori yang masuk di hari sebelumnya.

Nah, sebenarnya masih ada beberapa hal yang dapat dilakukan biar gak gagal diet saat menikmati kebersamaan di hari Natal. Dilansir dari Hello Sehat, berikut penjelasannya.

1. Jangan datang dengan perut kosong

Pertama, jangan datang dalam keadaan lapar. Jika kamu datang dengan perut kosong dan langsung disambut beragam santapan menggoyang lidah, tentu itu bakal memicu kamu makan lahap.

Sebaiknya sempatkan makan dulu di rumah. Tak harus sampai kenyang, cukup isi perut kamu dengan camilan padat nutrisi seperti kacang-kacangan, buah-buahan, satu buah telur rebus, atau yogurt.

Jika terpaksa datang dengan perut kosong, disarankan minum segelas air sebelum memulai makan di pesta Natal.

2. Memilih piring yang lebih kecil

Saat mengambil hidangan di meja prasmanan, pilihlah piring yang lebih kecil sehingga akan tampak lebih cepat penuh walau kamu hanya mencomot sedikit makanan. Cukup penuhi piring kecil tersebut dan jangan menumpuk makanan.

Pilihan makanan juga memegang peranan penting. Lebih baik pilih buah, sayuran, serta sumber protein dan serat. Batasi makanan berminyak, saus, keripik, serta makanan manis dan mengandung krim.

3. Makan secara perlahan

Berdasarkan sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan pelan-pelan bisa membantu kamu cepat kenyang sehingga mengurangi keinginan makan lahap Hal ini karena tubuh dapat merespons sinyal kenyang dengan lebih baik sehingga memicu kamu berhenti makan.

Sebaliknya, makan dengan terburu-buru justru akan memancing kamu untuk makan lebih banyak. Asupan kalori selama menghadiri pesta Natal pun bakal menjadi lebih besar. Akibatnya, berat badan jadi bertambah.

4. Membatasi minuman beralkohol

Kendati alkohol sebenarnya rendah kalori, campuran cocktail seperti sirup, gula, dan sari buah akan membuat kalorinya bertambah. Jadi, pilihlah minuman dengan kadar alkohol yang lebih ringan tanpa banyak campuran.

Selain itu, batasi konsumsi agar tak melebihi dua gelas. Jika perlu, kamu dapat mengganti alkohol dengan minumal nol kalori seperti air mineral atau es teh tawar.

5. Fokus bersosialisasi

Selain memerhatikan asupan makanan, cara lain untuk menjaga diet saat pesta Natal adalah lebih fokus bersosialisasi. Cobalah fokus menikmati waktu bersama orang-orang terdekat agar pikiran kamu gak melulu tertuju pada makanan.

6. Aktif bergerak

Begitu pulang dari pesta Natal, lanjut olahraga merupakan cara paling efektif untuk membakar kalori ekstra dari makanan yang telah disantap.

Awali dengan olahraga aerobik ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging, lompat tali, atau berenang selama 30 menit sehari. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Lihat Sumber Artikel di Dewiku.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Dewiku.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.