Menu

5 Jenis Makeup yang Paling Sering Dipakai di Wajah, Favoritmu Apa Beauty?

13 Desember 2021 10:35 WIB

Ilustrasi wanita menggunakan makeup. (Unsplash/Radu Florin)

HerStory, Jakarta —

Makeup untuk wanita adalah hal yang wajib untuk dikenakan karena akan meningkatkan rasa percaya dirinya. Ada banyak produk makeup yang biasa dipakai wanita. Nah, untuk melindungi dasar kulit sebelum melakukan makeup, biasanya mereka akan memakai base makeup terlebih dahulu. Inilah beberapa jenis base makeup yang biasa dipakai wanita:

1. Primer

Primer merupakan produk kosmetik yang digunakan sebelum foundation. Gunanya agar riasan menjadi lebih tahan lama serta mampu menutup pori-pori yang membesar. Kebanyakan primer berbentuk gel, namun ada juga yang berupa krim atau bubuk. Kamu bisa memilihnya termasuk merek sesuai selera dan tentu budget yang tersedia.

Primer memiliki sifat melembapkan yang berarti mampu menghidrasi, sehingga riasan terlihat lebih halus dan menyatu dengan kulit. Namun, tak ada salahnya bagimu untuk menggunakan krim pelembap sebelum mengaplikasikan produk ini.

2. Foundation

Selanjutnya, ada foundation yang merupakan base make up paling dikenal sejak dulu. Produk ini bertekstur cair dan padat, sehingga memungkinkan para penggunanya merasa kurang nyaman. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, sudah banyak produsen yang menghasilkan foundation tanpa efek tebal atau menor. Dengan catatan, tergantung jenis kulit dan teknik merias yang dimiliki.

Sifat padat dari foundation ini nyatanya memiliki tujuan, yakni untuk menutupi berbagai masalah kulit. Misal, flek dan noda hitam. Jika kamu masih memiliki jerawat aktif, tak disarankan untuk menggunakan produk ini terlalu sering ya. Pasalnya, dapat memperparah peradangan yang nantinya bisa semakin meluas.

Kebanyakan foundation tak mengandung pelembap atau spf. Untuk itu, kamu bisa menggunakan produk perawatan termasuk tabir surya sebelum mengaplikasikan base make up ini ke wajahmu.

3. Concealer

Tak sedikit orang yang menganggap concealer sama dengan foundation. Hal ini dikarenakan tekstur keduanya yang memang mirip. Namun, concealer nyatanya hanya dipakai untuk memperbaiki kinerja foundation dalam menutup flek hitam, kemerahan, dan noda bekas jerawat. Intinya, produk ini memaksimalkan riasanmu sehingga terlihat lebih mulus.

Bentuk dari concealer yang dijual di pasaran sangat beraneka ragam. Ada yang berupa stik, tube, roll, bubuk, hingga seperti bedak padat. Kamu bisa pilih sesuai selera dan jangan lupa untuk memperhatikan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal ini juga berlaku untuk semua pembelian kosmetik lainnya agar wajahmu tak mengalami kerusakan.

4. BB Cream

Selanjutnya ada BB Cream yang banyak dipilih sebagai base make up karena teksturnya yang lebih ringan dari foundation. Produk ini juga biasanya dilengkapi dengan pelembap dan spf, sehingga tanpa krim perawatan pun sebetulnya tak apa-apa. Namun, karena tak lebih berat, BB Cream kurang menutupi noda dan masalah kulit lainnya. Oleh karenanya, penggunaan concealer sangat dibutuhkan disini.

Selain BB, ada jenis lain yang tingkatan memudarkan nodanya jauh lebih tinggi. Produk-produk tersebut adalah CC Cream, DD Cream, hingga EE Cream yang populasinya belum terlalu eksis di Indonesia. Nah, kamu hanya perlu memilih mana yang baik untuk kondisi kulitmu.

5. BB Cushion

Terakhir ada BB Cushion yang manfaatnya sama dengan BB Cream. Satu-satunya yang berbeda adalah media penyimpanannya. BB Cream kebanyakan berupa botol tabung atau stoples, sedangkan produk ini berbentuk layaknya bedak padat. Para pecinta riasan mengaku lebih suka versi ini karena dianggap mudah dan tak rumit.

Itulah kelima jenis base make up yang perlu diketahui. Apakah semuanya sudah pernah kamu coba dan aplikasikan di wajah?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan