Menu

Stop Buang Kulit Pisang, Manfaatnya Mantap Banget Lho!

13 Desember 2021 11:35 WIB

Kulit Pisang (Today Show/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Selain daging buah pisang yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata kulit pisang juga gak memiliki banyak manfaat lho, Beauty! Terutama untuk kecantikan.

Selain memiliki kandungan yang hampir sama dengan dagingnya, kulit pisang mengandung antioksidan tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan sangat efektif untuk merawat kecantikan, khususnya kulit wajah.

Mengatasi jerawat

Kandungan lutein dan karotenoid pada kulit pisang dipercaya mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah yang diakibatkan oleh jerawat.

Caranya, cukup tempelkan kulit pisang pada bagian jerawat, lalu diamkan beberapa saat. Lakukan cara ini secara berulang agar jerawat lebih cepat kempes. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Mencerahkan wajah

Selain mengobati jerawat, manfaat kulit pisang adalah membantu mencerahkan kulit wajah sehingga tampak bersinar alami.

Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang sebelum tidur. Diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya dengan air hangat.

Mengangkat sel kulit mati

Penumpukkan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Kulit pisang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengangkat sel kulit mati. Caranya, haluskan kulit pisang, lalu oles pada kulit wajah. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

Memutihkan gigi

Kecantikan bukan hanya soal rupa, namun juga pada kebersihan gigi yang salah satunya terpancar dari tingkat keputihan.

Manfaat pisang selanjutnya berkaitan dengan kesehatan gigi. Kulit pisang disebut bisa membantu membuat gigi tampak lebih putih bersinar.

Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam, diamkan satu menit, lalu bersihkan lengkap dengan sikat dan pasta gigi. Lakukan selama satu minggu berturut-turut.

Menghilangkan mata panda

Area hitam di bawah mata mungkin mengganggu bagi beberapa orang. Rupanya, mata panda juga dapat dihilangkan menggunakan kulit pisang.

Caranya, campurkan bagian dalam kulit pisang dengan daging lidah buaya. Oleskan pada bagian luar mata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengurangi kerutan

Kerutan di area wajah merupakan salah satu tanda penuaan dini. Namun, tentu saja hal ini dapat dicegah, salah satunya dengan masker kulit pisang.

Caranya, haluskan bagian dalam kulit pisang dengan satu sendok teh madu. Oleskan sebagai masker wajah, dan diamkan selama 15 menit.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk perawatan kecantikan, terutama bagian kulitnya. Bagaimana menurutmu Beauty? Apakah mau mencobanya?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.