Menu

7 Makanan yang Efektif Menaikkan Trombosit Secara Alami

14 Desember 2021 19:40 WIB

Ilustrasi makanan untuk menaikkan trombosit. (Freepik/timolina)

HerStory, Sukabumi —

Terdapat berbagai cara untuk menaikkan trombosit (darah) rendah secara alami dengan mengonsumsi makanan tertentu. 

Trombosit (darah) rendah enggak bisa disepelekan lho Beauty, karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan. 

Kondisi trombosit rendah bisa dialami pada seseorang yang mengalami kondisi medis tertentu seperti anemia, leukimia dan demam berdarah

Apabila Beauty memiliki riwayat kondisi medis tertentu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi sederet makanan dibawah ini seperti dikutip dari berbagai sumber(14/12/2021). 

1. Kurma

Sumber trombosit alami bisa Beauty dapatkan dengan mengonsumsi kurma. Dimana rutin mengonsumsi ekstrak kurma 2 kali sehari bisa meningkatkan trombosit darah.

2. Jambu Biji

Quercetin dan trombinol pada jambu biji mampu meningkatkan trombosit karena quercetin berperan untuk membantu perkembangbiakan virus penurun trombosit. Serta trombinol yang bisa merangsang produksi keping darah dari sumsum tulang belakang. 

3. Delima

Kaya akan antioksidan polifenol dari buah delima mampu mencegah radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya untuk meningkatkan trombosit secara alami dan menjaga kesehatan darah serta jantung. 

4. Sayuran Hijau

Manfaat dari sayuran hijau memang enggak bisa diragukan lagi, salah satunya sebagai sumber vitamin K, zat besi, mineral, dan kalsium yang baik untuk meningkatkan trombosit.

5. Gandum 

Gandum yang baik untuk meningkatkan trombosit yakni gandum utuh yang tak melewati proses penggilingan. Lapisan kulit arinya inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan trombosit karena mengandung sejumlah zat baik meliputi zat besi, vitamin B, zinc, magnesium dan antioksidan. 

6. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung acetogenin yang bisa membantu meningkatkan jumlah keping darah serta memperbaiki fungsinya dalam tubuh. 

7. Hati 

Salah satu sumber zat besi dan folat lainnya bisa Beauty dapatkan dari hati khususnya hati sapi untuk meningkatkan trombosit. 

Artikel Pilihan