Menu

Sering Dianggap Mudah, Ternyata 5 Profesi Ini Punya Tingkat Kesulitannya Sendiri Lho

15 Desember 2021 15:35 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang duduk di meja kerja. (unsplash/Avel Chuklanov)

HerStory, Jakarta —

Pekerjaan atau profesi adalah hal yang pasti dilakoni semua orang karena selain untuk mengisi waktu luang, pekerjaan juga bisa menjadi faktor penunjang kebutuhan hidup. Pekerjaan juga banyak sekali macamnya. Semua tergantung minat dan bakat masing-masing individu.

Namun, ada beberapa profesi yang seringkali dianggap mudah padahal kenyataannya tetap memiliki kesulitan tersendiri. Apa saja, ya? Nah, berikut 5 di antaranya.

1. Penulis

Profesi pertama yang terlihat mudah adalah penulis. Banyak pendapat mengungkapkan jika pekerjaan ini bisa dilakukan tanpa kesulitan. Opini ini nyatanya tak bisa dibenarkan.

Penulis seringkali mengalami writer's block, kondisi dimana otak merasa kesulitan untuk berpikir dan mencari ide. Sebelum menulis, dibutuhkan penentuan beberapa komponen seperti tema, judul, sub judul, pembuka, serta penutup.

Belum lagi harus mengembangkan isinya dan melakukan riset terlebih dahulu agar tulisan yang disampaikan tak memicu kesalahpahaman atau hoax. Jadi, pekerjaan ini bisa dibilang tak semudah kelihatannya.

2. Penjaga Toko

Adakah dari kamu yang bekerja sebagai penjaga toko? Profesi ini memang tampak mudah karena kebanyakan waktunya digunakan untuk diam. Namun, ternyata tak semudah yang terlihat.

Saat menjaga toko, seseorang diberi kepercayaan penuh hingga dibutuhkan keberanian tinggi. Tepatnya, untuk menghadapi sesuatu yang tak diinginkan, seperti menemui pencuri yang bisa saja membawa senjata.

3. Admin

Admin menjadi profesi selanjutnya yang sering dianggap tak sulit. Hal ini dikarenakan job desk mereka yang identik dengan sekadar memasukkan data pada komputer.

Pekerjaan tersebut merupakan dasar dari profesi admin. Namun, melakukannya tak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika data yang dimasukkan sangat banyak. 

Tentu diperlukan ketelitian guna menghindari kesalahan. Terlewat satu angka atau huruf saja nyatanya dapat membuyarkan pekerjaan para admin. Oleh karena itu, profesi ini juga memiliki tingkat kesulitan.

4. Pengusaha

Seringkali pekerjaan para pengusaha dianggap mudah. Pasalnya, hanya sekadar menawarkan produk atau jasa yang bahkan saat ini bisa dilakukan secara online. Jadi, tak memerlukan banyak tenaga dan dapat menghemat waktu.

Pernyataan tersebut memang benar adanya, namun tak semua produk atau jasa yang ditawarkan bisa cepat laku. Sekali pun memberi potongan harga atau promo lainnya, kedatangan pelanggan belum dapat terjamin.

Oleh karena itu, pengusaha diharuskan menyusun kembali rencana yang tak jarang membuat mereka merasa pusing. Apalagi, jika harus merelakan aset berharga untuk dijadikan modal dan keperluan usaha lainnya.

5. YouTuber

YouTuber menjadi salah satu pekerjaan impian banyak orang. Profesi ini tak jarang terlihat mudah karena hanya membuat video. Padahal, untuk memulainya, kamu perlu memperhatikan berbagai hal yang dianggap sulit.

Mulai dari perlengkapan rekaman (kamera, microphone, dan lain-lain), cara mengambil gambar yang baik, hingga kemampuan bicara serta berekspresi di depan kamera.

Sebelumnya, kamu perlu riset mengenai jenis konten apa yang sedang atau akan terus disukai penonton. Tak lupa juga untuk konsisten dalam mengunggah video setiap harinya.

Itulah lima profesi yang seringkali dianggap mudah padahal nyatanya memiliki kesulitan sendiri. Selain yang disebutkan, apakah ada pekerjaan lainnya?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan