Menu

Gak Ngapa-ngapain, tapi Sering Capek dan Ngantuk? Ini 5 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

23 Desember 2021 19:04 WIB

Ilustrasi capek dan ngantuk. (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Sukabumi —

Beauty mungkin pernah mengalami sering merasa capek dan mengantuk padahal sedang tak melakukan aktivitas apapun. 

Jangan dianggap enteng, bisa jadi pertanda penyakit lho, Beauty. 

Kondisi seperti ini tentunya bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang akan dijalani. Alhasil kinerja kita menjadi kurang optimal. 

Berikut ini dikutip dari unggahan @dokterdecsa (23/12/2021), kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh 5 penyebab ini beserta cara mengatasinya. 

1. Sleep Apnea

Orang yang kelebihan berat badan rentan mengalami sleep apnea atau gangguan tidur yang disertai dengan gangguan napas meski waktu tidurnya sudah 8 jam.

Cara mengatasinya bisa dengan mengurangi berat badan, menghindari rokok dan berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan lanjutan.

2. Depresi

Psikis dan fisik sejatinya saling terhubung sehingga tak ayal bahwa depresi bisa menyebabkan keluhan fisik seperti lemas, sakit kepala dan hilangnya nafsu makan. Yang dibutuhkan untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke dokter psikiater atau psikolog. 

3. Diabetes

Penyebab lainnya yang membuat tubuh mudah capek dan ngantuk tanpa alasan yang jelas adalah diabetes. Pasalnya kadar gula darah tinggi dalam tubuh tak bisa digunakan oleh tubuh sebagai energi.

Tipsnya rutin cek kadar gula darah guna mengetahui keadaan yang sebenarnya serta mengontrolnya dengan baik. 

4. Dehidrasi

Asupan cairan bagi tubuh sangatlah penting, sebab tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan bisa mengakibatkan tubuh mudah lelah dan mengantuk. Cara mengatasinya sudah jelas dengan mencukupi asupan air putih sekitar 8-10 gelas perhari. 

5. Kurang atau Salah Makan

Makanan yang dikonsumsi juga bisa berdampak pada tubuh yang mudah capek juga mengantuk. Pastikan untuk mencukupi asupan makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh ya, Beauty.

Pasalnya baik terlalu sedikit atau banyak makan bisa sebabkan mudah capek dan ngantuk. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan diet seimbang, ya!