Menu

8 Menu Sarapan Ini Bikin Kulit Awet Muda dan Glowing, Cuss Makan!

24 Desember 2021 07:39 WIB

Avocado toast tomato (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Dari serum dan peeling kelas atas hingga pelembab, banyak produk di luar sana untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda.

Tapi inilah kejutan yang mungkin bisa menghemat banyak uang untuk perawatan kulitmu, Beaut. Ya, apa yang kamu makan dapat berdampak besar pada penampilan kulitmu, lho!

Penuaan tak dapat dihindari, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa banyak vitamin, mineral, dan zat lain dalam makanan yang dapat membantu sedikit memperlambat proses itu.

Dan, ada sejumlah menu sarapan yang bisa membuatmu terlihat muda, semuanya dikemas dengan nutrisi penambah kulit tersebut.

"Penuaan adalah proses alami dan tidak perlu malu. Namun, ada makanan tertentu yang dapat membantu kita merawat kulit yang kita miliki dengan kemampuan terbaik kita," kata Ahli Gizi, Colleen Christensen, RD.

Menurut American Academy of Dermatology juga, makan makanan yang seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar juga dapat membantu mencegah penuaan dini, sedangkan diet yang banyak mengandung gula dan karbohidrat olahan dapat mempercepat penuaan.

Dan, dirangkum HerStory dari laman Eat This, Jumat (234/12/2021), berikut adalah beberapa menu saraopan anti-penuaan yang harus kamu tambahkan ke piringmu, Beauty. Apa aja?

1. Smoothie buah

Beauty, saatnya menyalakan blender di pagi hari, karena menurut Shena Jaramillo, MS, RD, smoothie buah dikemas dengan antioksidan yang dapat menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas.

"Smoothies juga merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi yang akan memiliki manfaat meningkatkan kulit dengan sendirinya. Tambahkan biji rami, alpukat atau selai kacang ke smoothie untuk tambahan asam lemak omega dan Vitamin E untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan,” kata Jaramillo.

2. Alpukat

Jaramillo mengatakan bahwa alpukat ????adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang fenomenal, yang menurut penelitian dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini.

"Asam lemak omega 3, yang ditemukan dalam alpukat, juga dapat membantu memperbaiki kekeringan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci untuk membuatnya sehat seiring bertambahnya usia." kata Colleen Christensen, RD.

"Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci untuk membuatnya sehat seiring bertambahnya usia."

3. Puding biji chia

Berbicara tentang omega-3, biji chia kaya akan hal itu. Itulah salah satu alasan mengapa Jaramillo merekomendasikan membuat puding biji chia untuk sarapan.

Dia mencatat bahwa asam lemak omega-3 tidak hanya membantu mengurangi peradangan, tetapi juga membantu kulit mempertahankan kelembaban, yang sangat penting untuk membuatnya tampak montok dan awet muda.

Satu studi tahun 2012 yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University mengungkapkan bahwa mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 dapat membantu sel darah putih mempertahankan segmen kecil DNA yang disebut telomer, yang diketahui memendek seiring waktu sebagai konsekuensi penuaan. Suplementasi omega-3 juga ditemukan untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Telur

Para ahli sepakat bahwa telur adalah pilihan yang sangat baik untuk sarapan dalam hal menutrisi kulit Anda. Menurut Christensen, ini karena telur mengandung protein dan vitamin D.

"Vitamin D dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVB. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi vitamin D menurun, jadi mengonsumsinya melalui makanan adalah penting. Protein juga penting dan mereka yang mengonsumsi makanan rendah protein telah terbukti memiliki tampilan kerutan yang lebih menonjol,” kata Christensen.

Untuk poin bonus anti penuaan, Jaramillo menyarankan membuat telur dadar dengan sayuran seperti bayam, kangkung, atau paprika untuk mendapatkan dosis vitamin C untuk membantu mencerahkan penampilan kulit.

“Pilihan ini juga mengandung Vitamin E dan K yang akan membantu melancarkan aliran darah, dapat mengurangi munculnya bintik hitam pada kulit, dan melembabkan kulit,” tambahnya.

5. Tofu orak arik

Jika kamu seorang vegan, ganti orak-arik telur dengan tahu yang enak. Tofu mengandung protein, yang merupakan salah satu bahan pembangun sel-sel kulit, serta isoflavon kedelai, yang telah terbukti secara signifikan mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

" Tofu adalah sumber seng yang baik, yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan membantu perbaikan sel. Ini bisa bermanfaat untuk kulit Anda selain setiap sel dalam tubuh. Tambahkan sayuran dan beberapa alpukat ke dalam campuran dan kamu juga mendapatkan sumber antioksidan dan fitonutrien yang bagus untuk melindungi kulit,” beber Jaramillo.

6. Tomat

Dikatakan Christensen, makanan seperti tomat mengandung likopen, yang dapat mengurangi kerusakan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen, fitokimia yang membuat sayuran ini berwarna merah, memiliki efek anti-inflamasi dan menurunkan sensitivitas kulit Anda terhadap radiasi UV.

Tomat juga kaya akan vitamin B, yang memiliki sifat anti-penuaan dan dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan serta berkontribusi pada perbaikan sel.

7. Blueberry

Christensen menyarankan untuk mengisi semangkuk oat atau yogurtmu dengan blueberry yang kaya akan polifenol, yang dikenal memiliki efek perlindungan yang mencegah tanda-tanda awal penuaan kulit.

Faktanya, penelitian telah mengungkapkan bahwa polifenol pada dasarnya dapat bertindak sebagai tabir surya, membantu mempertahankan sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

8. Sweet potato

Christensen mengatakan sweet potato mengandung karotenoid, antioksidan kuat yang berasal dari vitamin A yang memiliki kualitas fotoprotektif, yang berarti mereka akan melindungi kulit dari kerusakan.

Mereka juga kaya akan vitamin C, yang memainkan peran utama dalam regenerasi kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita di atas usia 40 yang memiliki asupan vitamin ini lebih rendah lebih mungkin untuk memiliki keriput.

"Korelasi telah diamati antara asupan vitamin C yang rendah dan memiliki kulit kering, yang dapat menyebabkan peningkatan kerutan. Kekurangan vitamin C juga dapat mempengaruhi sintesis kolagen, yang penting untuk elastisitas kulit,” jelas Christensen.

Kamu tertarik mencoba menu mana, Beauty?